Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Komik Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII MTs Al-Utsmani Bondowoso

Muslimah, Ika Fatul (2023) Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Komik Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII MTs Al-Utsmani Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Ika Fatul Muslimah_T201910038.pdf

Download (32MB)

Abstract

Ika Fatul Muslimah, 2023: Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Komik Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII MTs Al-Utsmani Bondowoso.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Komik, Klasifikasi Makhluk Hidup

Penelitian dan pengembangan media pembelajaran IPA berbasis komik pada materi klasifikasi makhluk hidup ini didasarkan pada kurangnya minat belajar peserta didik dan memahami mengenai materi klasifikasi makhuk hidup. Serta terbatasnya media pembelajaran yang dapat mempermudah pemahaman peserta didik MTs Al-Utsmani Bondowoso. Dengan hal ini, peneliti ingin merancang media pembelajaran IPA yang berbasis komik untuk mempermudah siswa dalam memahami materi klasifikasi makhluk hidup.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu 1) Bagaimana validitas media pembelajaran IPA berbasis komik pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII MTs Al-Utsmani Bondowoso 2) Bagaimana respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran IPA berbasis komik pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII MTs Al-Utsmani Bondowoso.
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui validitas media pembelajaran IPA berbasis komik pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII MTs Al-Utsmani Bondowoso 2) Untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran IPA berbasis komik pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII MTs Al-Utsmani Bondowoso.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan R&D (Reserch and Development). Pengembangan media pembelajaran IPA berbasis komik ini mengadaptasi pada model pengembangan ADDIE yang meliputi Analysis, Design, Development, Implementation, Evalution. Namun, peneliti hanya melakukan sampai tahap implementation karna keterbatasan waktu dan biaya. Subjek uji coba penelitian ini yaitu ahli materi, ahli media, guru IPA dan peserta didik. Instrumen yang digunakan peneliti yaitu angket.
Hasil pengembangan dikatakan sangat layak apabila memenuhi kriteria yang dihasilkan dalam penelitian. Berdasarkan hasil uji coba validator pada media pembelajaran berbasis komik memperoleh 1) Ahli materi dengan skor 96,66%, ahli media 84,61%, guru IPA 94,28% dan skor rata-rata dari ketiga validator memperoleh 90,43% dengan kategori sangat valid 2) uji respon peserta didik dalam skala kecil memperoleh skor 87,6% dan skala besar memperoleh skor 96,42%. Dengan ini media pembelajaran IPA berbasis komik memberikan respon positif terhadap peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0606 Physiology > 060603 Animal Physiology - Systems
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060705 Plant Physiology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ika Fatul Muslimah
Date Deposited: 28 Nov 2023 01:11
Last Modified: 28 Nov 2023 01:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29794

Actions (login required)

View Item View Item