Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh Kelas XI MIPA di SMA BIMA Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Masruroh, Meilatul (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh Kelas XI MIPA di SMA BIMA Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI WATERMARK TADRIS BIOLOGI MEILATUL MASRUROH T20198075-1.pdf

Download (46MB)

Abstract

Pembelajaran biologi merupakan bagian dari sains yang mencakup fakta hukum dan prinsip dari proses ilmiah yang memerlukan pemecahan suatu masalah melalui kemampuan berfikir kritis. Kemampuan berfikir merupakan salah satu menganalisis suatu gagasan menggunakan penalaran yang logis (masuk akal) yang dapat memunculkan dengan menerapkan model pembelajaran sains teknologi masyarakat. Tetapi kenyataanya mayoritas siswa di Indonesia hanya memiliki kemampuan berfikir kritis pada tingkat yang rendah.
Rumusan penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana kemampuan berfikir kritis siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunkan model pembelajaran Sains Tekonologi Masyarakat pada materi sistem pertahanan tubuh kelas XI MIPA di SMA BIMA Ambulu Jember tahun pelajaran 2022/2023. 2) Adakah pengaruh model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat terhadap kemampuan berfikir kritis pada materi sistem pertahanan tubuh kelas XI MIPA di SMA BIMA Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kemampuan berfikir kritis siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat pada materi sistem pertahanan tubuh kelas XI MIPA di SMA BIMA Ambulu Jember tahun pelajaran 2022/2023. 2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada materi sistem pertahanan tubuh kelas XI MIPA di SMA BIMA Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi Experiment dengan bentuk penelitian Nonequivalent Group Posttest Only Design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan Independent Sampel T-Test.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Kemampuan berfikir kritis siswa kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat memiliki nilai rata-rata tes kemampuan berfikir kritis lebih tinggi sebesar 52,27 dibandingkan dengan kelas kontrol yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional sebesar 44,73. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat terhadap kemampuan berfikir kritis siswa dengan nilai signifikansi hasil Independent Sampel T-Test sebesar 0,001.

Kata kunci: pembelajaran sains teknologi masyarakat, kemampuan berfikir kritis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Meilatul Masruroh
Date Deposited: 27 Nov 2023 06:39
Last Modified: 27 Nov 2023 06:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29796

Actions (login required)

View Item View Item