ANALISIS PENGARUH TINGKAT PERKEMBANGAN JUMLAH TABUNGAN DAN DEPOSITO TERHADAP JUMLAH PEMBIAYAAN YANG DISALURKAN PADA PERBANKAN SYARIAH INDONESIA (BUS DAN UUS) PERIODE 2015 – 2017

Yaqin, Ainul (2018) ANALISIS PENGARUH TINGKAT PERKEMBANGAN JUMLAH TABUNGAN DAN DEPOSITO TERHADAP JUMLAH PEMBIAYAAN YANG DISALURKAN PADA PERBANKAN SYARIAH INDONESIA (BUS DAN UUS) PERIODE 2015 – 2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Ainul Yaqin_083143106.pdf

Download (12MB)

Abstract

Bank syariah adalah bank yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip islam. Pertumbuhan setiap bank syariah dapat dilihat dari kemapuannya alam menghimpun dana dari masyarakat atau dana pihak ketiga. Dimana jenis dana pihak ketiga yang paling banyak adalah jenis deposito, serta dikuti tabungan dan giro. Kemudian dana tersebut harus disalurakan kedalam bentuk pembiayaan-pembiayaan sesuai dengan fungsi intermediary-nya Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: a) apakah perkembangan jumlah tabungan dan deposito secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap jumlah pembiayaan yang disalurkan pada perbankan syariah indonesia (bus dan uus)?, b) apakah perkembangan jumlah tabungan berpengaruh terhadap jumlah pembiayaan yang disalurkan pada perbankan syariah indonesia (bus dan uus)?, c) apakah perkembangan jumlah deposito berpengaruh terhadap jumlah pembiayaan yang disalurkan pada perbankan syariah indonesia (bus dan uus)?, d) seberapa besar pengaruh perkembangan jumlah tabungan dan deposito terhadap jumlah pembiayaan yang disalurkan pada perbankan syariah indonesia (bus dan uus)? Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh tingkat perkembangan tabungan dan deposito terhadap Jumlah Pembiayaan Yang Disalurkan Pada Perbankan Syariah Indonesia (Bus Dan Uus) Periode 2012 – 2017 baik secara simultan (bersama-sama) dan secara parsial. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian time series. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah regresi linier berganda, yaitu untuk mengetahui pengaruh lebih dari satu variabel bebas terhadap satu variabel terikat. Dalam analisis regresi linier, ada tiga hal yang harus diperhatikan, yaitu: Koefiseien Determinasi (R2 ), Uji F, dan Uji t. Namun sebelum melakukan analisis regresi, terlebih dulu data harus memenuhi Uji Asumsi Klasik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tabngan dan deposito secara simultan berpengaruh terhadap pembiayaan yang disalurkan oleh perbankan syariah di Indonesia dengan tingkat pengaruh yang besar yaitu sebesar 97,7 %. Sedangkan dengan uji secara parsial, baik tabungan dan deposito masing-masing berpengaruh terhadap pembiayaan yang disalurkan oleh perbankan syariah di Indonesia. Kata Kunci : Tabungan, Deposito, Pembiayaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 27 Nov 2023 01:54
Last Modified: 27 Nov 2023 01:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29800

Actions (login required)

View Item View Item