Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Memupuk Ukhuwah Islamiyah Siswa Melalui Kegiatan Karya Wisata Di SMPN 01 Jember

Nursilaningrum, Siska (0019) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Memupuk Ukhuwah Islamiyah Siswa Melalui Kegiatan Karya Wisata Di SMPN 01 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siska Nursilaningrum T20191199-1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Siska Nursilaningrum, 2023, Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menupuk Ukhuwah Islamiyyah Melalui Kegiatan Karya Wisata Di SMPN 01 Jember.
Kata Kunci: guru pendidikan agama Islam, ukhuwah islamiyyah, kegiatan karya wisata

Ukhuwah berarti persaudaraan. Sedangkan ukhuwah islamiyyah adalah hubungan yang dijalanin oleh rasa cinta dan didasari oleh akidah dalam bentuk persahabatan bagaikan bangunan yang kokoh. Sebagai umat muslim sudah seharusnya kita menjaga persaudaraan sesuai perintah Allah SWT. agar tercipta kedamaian dan ketentraman agama Islam yang dapat menjadi pondasi untuk mengokohkan agama Islam. Di Indonesia, agama Islam merupakan agama terbanyak yang harus dibina ukhuwah islamiyyahnya. Maka dari itu, sebagai umat islam tentu harus paham dengan ukhuwah islamiyyah agar tercipta kedamaian dan kerukunan antar umat.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam memupuk ukhuwah islamiyyah melalui kegiatan karya wisata di SMPN 01 Jember? 2) Bagaimana hasil dari upaya guru pendidikan agama Islam dalam memupuk ukhuwah islamiyyah melalui kegiatan karya wisata di SMPN 01 Jember?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1)mendeskripsikan upaya guru pendidikan agama Islam dalam memupuk ukhuwah islamiyyah siswa melalui kegiatan karya wisata di SMPN 01 Jember. 2) Mengetahui hasil dari upaya guru pendidikan agama Islam dalam memupuk ukhuwah islamiyyah siswa melalui kegiatan karya wisata di SMPN 01 Jember.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan jenis penelitian case study research (studi kasus) yang bersifat deskriptif, menganalisis upaya guru pendidikan agama islam dalam memupuk ukhuwah islamiyyah siswa dalam kegiatan karya wisata. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi pasif, dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulah 1) terdapat masalah yang dihadapi oleh SMP Negeri 1 Jember yang termasuk penyakit ukhuwah islamiyyah yakni seperti bullying, pertengkaran, penindasan kepada yang lemah, kurangnya menghargai satu sama lain, keributan yang disebabkan oleh hal sepele yang membuat pertengkaran terjadi, maka guru PAI melakukan upaya yang dilakukan oleh sekolah terutama guru pendidikan agama islam setempat yakni mengadakan kegiatan yang dilaksanakan diluar sekolah (karya wisata) seperti kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di masjid Jami’ al-Baitul Amien setiap hari Jum’at; 2) siswa melakukan kegiatan yang mencerminkan ukhuwah islamiyyah dalam kegiatan setiap hari Jum’at yakni melaksanakan sholat dhuha dan istighosah bersama yang dapat memperkuat keimanan siswa, belajar beramal dari uang saku setiap siswa yang mana merupakan saling membantu terhadap orang yang membutuhkan, dan perilaku lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siska Nursilaningrum
Date Deposited: 27 Nov 2023 06:46
Last Modified: 27 Nov 2023 06:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29802

Actions (login required)

View Item View Item