Fazriyani, Felinda (2023) Implementasi Model Pembelajaran Siklus Belajar 5E Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
SKRIPSI FELINDA FAZRIYANI.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Felinda Fazriyani, 2023: Implementasi Model Pembelajaran Siklus Belajar 5E pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata kunci: Model Pembelajaran Siklus Belajar 5E, Pembelajaran IPS
Model pembelajaran siklus belajar 5E merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered) dan merupakan model pembelajaran yang sesuai dengan teori konstruktivisme. Kontruktivisme merupakan landasan berpikir (filosofi) pendekatan kontekstual, yaitu bahwa pengetahuan dibangun oleh manusia sedikit demi sedikit, yang hasilnya diperluas melalui konteks yang terbatas. Sehingga dalam hal ini, pembelajaran siklus belajar 5E ini sesuai dengan tujuan utama pembelajaran IPS, yaitu untuk membantu mengembangkan siswa menjadi warga negara yang memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang memadai untuk berperan serta dalam mewujudkan kehidupan yang demokratis.
Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana perencanaan model pembelajaran siklus belajar 5E pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023? 2) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran siklus belajar 5E pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023? 3) Bagaimana evaluasi model pembelajaran siklus belajar 5E pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023?.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan model pembelajaran siklus belajar 5E pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran siklus belajar 5E pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. 3) Mendeskripsikan evaluasi model pembelajaran siklus belajar 5E pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan model pembelajaran siklus belajar 5E pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 5 Jember dilakukan dengan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), membuat Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), menganalisis materi pelajaran, menentukan media pembelajaran dan sumber belajar. 2) Pelaksanaan model pembelajaran siklus belajar 5E pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 5 Jember dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu engagement (undangan), exploration (eksplorasi), explanation (penjelasan), elaboration (pengembangan), dan evaluation (evaluasi). 3) Evaluasi model pembelajaran siklus belajar 5E pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 5 Jember menggunakan penilaian autentik yaitu dengan menilai hasil belajar siswa melalui Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), serta melalui pemahaman materi dan keaktifan siswa dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Felinda Fazriyani |
Date Deposited: | 27 Nov 2023 03:56 |
Last Modified: | 27 Nov 2023 03:56 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29807 |
Actions (login required)
View Item |