Pola Interaksi Sosial Dalam Penyesuaian Diri Anak Tunanetra di SLB Negeri Jember.

Aida, Ainun Norma (2021) Pola Interaksi Sosial Dalam Penyesuaian Diri Anak Tunanetra di SLB Negeri Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AINUN NORMA AIDA_D20173027.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci : Pola interaksi sosial, penyesuaian diri, anak tunanetra Anak Tunanetra mempunyai keterbatasan penglihatan. Anak tunanetra kurang dapat melakukan interaksi sosial yang memuaskan atau interaksi sosialnya mengalami keterbatasan. Keadaan ini menimbulkan masalah, masalah tidak saja bagi siswa tetapi juga bagi guru dan teman-teman di lingkungan sekitarnya. Fokus masalah yang diteliti dalam sjripsi ini yaitu 1) Bagaimana pola interaksi sosial dalam penyesuaian diri anak tunanetra di SLB Negeri Jember ? 2) Apa saja yang mempengaruhi faktor interaksi sosial dalam penyesuaian diri anak tunanetra di SLB Negeri Jember ? Tujuan penelitian ini yaitu 1) Mendeskripsikan pola interaksi sosial dalam penyesuaian anak tunanetra di SLB Negeri Jember. 2) Mengetahui faktor yang mempengaruhi interaksi sosial dalam penyesuaian diri anak tunanetra di SLB Negeri Jember. Untuk mengidentifikasi permaslahan tersebut, peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini di tentukan secara puposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Humberman dengan langkah kondensi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan penelitian ini menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Pola interaksi sosial dalam penyesuaian diri anak tunanetra di SLB Negeri Jember adalah asosiatif. 2) Faktor yang mempengaruhi interaksi dalam penyesuaian diri anak tunanetra di SLB Negeri Jember yaitu belum bisa mengontrol emosi, bergantung dengan orang di sekitarnya dan orang tua masih menganggap anak belum bisa mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080612 Interorganisational Information Systems and Web Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 27 Nov 2023 03:33
Last Modified: 27 Nov 2023 03:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29811

Actions (login required)

View Item View Item