Strategi Dakwah PAC IPNU IPPNU Dalam Mencegah Kenakalan Remaja Di Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi

Azizah, Noviatul (2023) Strategi Dakwah PAC IPNU IPPNU Dalam Mencegah Kenakalan Remaja Di Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Noviatul Azizah_D20194017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Permasalah kenakalan remaja yang terjadi di Kecamatan Siliragung khususnya, ini menyebabkan rasa kekhawatiran orang tua atau masyarakat terhadap kehidupan remaja atau pelajar kedepannya. Fenomena yang terjadi pada remaja atau pelajar saat ini menunjukan bahwa ada kesenjangan antara harapan dan kenyataan dalam proses tumbuh kembangnya remaja. Remaja yang berhasil dalam proses tumbuh kembangnya akan menunjukan perilaku positif. Namun kenyataannya, masih ada remaja atau pelajar yang bermasalah dan cenderung berperilaku menyimpang. Hal ini memutuhkan dakwah untuk membangun moral yang baik terhadap proses tumbuh kembangya remaja.
Fokus penelitian dalam skripsi ini ialah: 1) Bagaimana kasus kenakalan remaja di Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi? 2) Bagaimana strategi dakwah PAC IPNU – IPPNU dalam mencegah kenakalan remaja di Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat strategi dakwah PAC IPNU – IPPNU dalam mencegah kenakalan remaja di Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi?
Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan kasus kenakalan remaja di Kecamatan Siliragung, mengetahui strategi dakwah yang digunakan PAC IPNU – IPPNU dalam mencegah kenakalan remaja, serta faktor pendukung dan penghambat yang dialami oleh PAC IPNU-IPPNU.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi partisipatif pasif, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis interkatif.
Penelitian ini sampai pada hasil kesimpulan bahwa: 1) Kasus kenakalan remaja yang terjadi di Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi dikelompokkan menjadi tiga yaitu kenakalan biasa meliputi bentrok atau tawuran yang terjadi antara Persaudaraan Seti Hati Terate (PSHT) dengan Pagar Nusa (PN), kenakalan yang mengarah pada bentuk pelanggaran meliputi minum-minuman keras, dan kenakalan khusus meliputi narkoba dengan mengonsumsi atau mengedarkan pil koplo seperti trex, komix dan obat-obatan dokter yang dikonsumsi secara berlebihan. 2) Strategi dakwah yang digunakan PAC IPNU IPPNU pada periode 2020-2022 Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi, yaitu strategi sentimental dan strategi rasional. 3) PAC IPNU IPPNU Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi dalam melakukan strategi dakwahnya untuk mencegah terjadinya kenakalan remaja terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat dari internal dan eksternal organisasi.
Kata Kunci: Strategi Dakwah, Organisasi PAC IPNU – IPPNU, Kenakalan Remaja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Noviatul Azizah
Date Deposited: 28 Nov 2023 02:07
Last Modified: 28 Nov 2023 02:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29819

Actions (login required)

View Item View Item