Peran Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) Suka Maju Dalam Memberdayakan Petani Di Desa Pace Kecamatan Silo Kabupaten Jember

saniyah, Khoirotu (2023) Peran Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) Suka Maju Dalam Memberdayakan Petani Di Desa Pace Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
KHOIROTUSANIYAH_D20192027.pdf

Download (3MB)

Abstract

Desa Pace yang berada di Kecamatan Silo Kabupaten Jember memiliki potensi komoditas tanaman kopi, hal ini yang membuat sebagian besar masyarakatnya menjadi petani kopi. Namun sangat disayangkan kopi yang dihasilkan oleh petani Desa Pace dengan kualitas baik sering diakui oleh daerah lain. Petani masih menggunakan cara turun temurun untuk merawat kopi , harga kopi belum stabil ketika panen raya. Kopi di Desa Pace juga belum terdaftar dalam Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG). Sehingga hal ini melahirkan sebuah masalah penelitian mengenai peran Gapoktan dalam memberdayakan petani Desa Pace.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran Gapoktan Suka Maju dalam memberdayakan petani di Desa Pace Kecamatan Silo Kabupaten Jember? 2) Bagaimana manfaat yang didapat petani dari program pemberdayaan oleh Gapoktan Suka Maju di Desa Pace Kecamatan Silo Kabupaten Jember? 3) Apa faktor pendukung dan faktor penghambat Gapoktan Suka Maju pada proses memberdayakan petani di Desa Pace Kecamatan Silo Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui peran Gapoktan Suka Maju dalam memberdayakan petani di Desa Pace Kecamatan Silo Kabupaten Jember. 2) Mengetahui manfaat yang didapat oleh petani dari program pemberdayaan yang dilakukan oleh Gapoktan Suka Maju di Desa Pace Kecamatan Silo Kabupaten Jember. 3)Mengetahui faktor pendukung dan penghambat Gapoktan Suka Maju pada proses memberdayakan petani di Desa Pace Kecamatan Silo Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun keabsahan data diperoleh mengunakan dua teknik trianggulasi diantaranya trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber.
Penelitian ini sampai pada hasil sebagai berikut: 1) peran yang dilakukan oleh Gapoktan Suka Maju diantaranya mengorganisasi mendistribusikan bibit dan rapat pertemuan, memberikan informasi dan memberikan pelatihan dengan beberapa program pelatihan untuk memberdayakan petani. 2) manfaat yang dirasakan petani dalam jangka panjang diantaranya pengetahuan akan perawatan tanaman, pengalaman menarik, membuka lapangan pekerjaan, serta merasakan branding dari Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG). Sedangkan untuk manfaat jangka pendek perekonomian meningkat, harga kopi naik, dan lebih mudah mendapatkan informasi. 3) untuk Faktor pendukung dan penghambat yang dialami oleh Gapoktan Suka Maju diantaranya kekuatan yang bersifat internal berasal dari kekompakan anggota,dan kekuatan eksternal kerja sama dengan pihak luar. Adapun faktor penghambat berupa kelemahan yang bersifat internal adalah penyususnan administrasi dan kurangnya kedisiplinan oleh anggota Kelompok Tani.
Kata Kunci: Gapoktan Suka Maju, Petani, Kelompok Tani.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160805 Social Change
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160810 Urban Sociology and Community Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Khoirotu saniyah
Date Deposited: 28 Nov 2023 02:02
Last Modified: 28 Nov 2023 02:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29820

Actions (login required)

View Item View Item