PENGELOLAAN ZAKAT (PENGHIMPUNAN, PENDISTRIBUSIAN, PENDAYAGUNAAN, DAN PELAPORAN) DI BAZNAS, LAZISNU, LAZISMU KABUPATEN BONDOWOSO

Muzaki, Mohammad (2021) PENGELOLAAN ZAKAT (PENGHIMPUNAN, PENDISTRIBUSIAN, PENDAYAGUNAAN, DAN PELAPORAN) DI BAZNAS, LAZISNU, LAZISMU KABUPATEN BONDOWOSO. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
tesis lengkap muzaki.pdf

Download (7MB)

Abstract

Mohammad,Muzaki. 2020. Pengelolaan Zakat Di Bondowoso, Lazisnu, Lazismu Kabupaten Bondowoso. Tesis. Program Studi Ekonomi Syariah Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Jember. Pembimbing: 1) Dr. Moch. Chotib, MM 2) Dr. Nurul Widyawati Islami R,. M.Si
Zakat memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesejahteraan masyarakat. Manfaat zakat dapat dirasakan apabila zakat dikelola dengan baik. Sementara itu, pengelolaan zakat di Indonesia masih kurang efektif, masyarakat cenderung membayarkannya langsung kepada mustahiq, seolah-olah masyarakat belum percaya sepenuhnya kepada lembaga pengelola zakat. Oleh sebab itu, untuk mengetahui peran dari Badan Amil Zakat Nasional (BONDOWOSO), Lazisnu Dan Lazismu kabupaten Bondowoso .
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana Pengelolaan Zakat dalam pemberdayaan mustahiq di B kabupaten Bondowoso ?. 2). Apa saja kendala pengelolaan zakat di BONDOWOSO kabupaten Bondowoso dalam pemberdayaan mustahiq ?
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: 1) Strategi pengelolaan zakat dalam pemberdayaan mustahiq di BONDOWOSO kabupaten Bondowoso 2) Kendala-kendala pengelolaan zakat dalam pemberdayaan mustahiq di BONDOWOSO Kabupaten Bondowoso
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan teknik puposive sampling dan Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan strategi pengelolaan zakat dengan prinsip good governance: 1). Transparanasi. Memberikan laporan secara transparan kepada publik melalui website atau media elektronik lainnya dan melalui media cetak berupa majalah. 2). Akuntabilitas. Seberapa jauh penyaluran dana ini sesuai dengan target, sasaran, program dan tersampaikan kepada mustahiq untuk tetap menjaga kepercayaan publik. 3). Responsibilitas. Respon cepat untuk menyelesaikan kendala-kendala dan masalah-masalah yang dihadapi masyarakat, BONDOWOSO hadir dengan cepat dan segera dalam menyelesaikan permasalahan umat. 4). Independensi. Tidak terikat dengan pihak-pihak lain yang mempengaruhi atau ikut campur tangan terhadap pengelolaan zakat. 5). Kesetaraan & Kewajaran. Setara dengan lembaga amil zakat lainnya yang didirikan oleh masyarakat dalam lingkup internal, dan setara dengan lembaga-lembaga kepemerintahan dalam lingkup eksternal. Temuan kendala –kendala yang dihadapi: 1). Kurangnya kepercayaan masyarakat. 2). Kurangnya peran serta ulama untuk memberikan dukungan. 3). Masyarakat belum mengenal BONDOWOSO lebih dekat. 4) Belum adanya Perda yang mengatur tentang zakat harus disalurkan kepada lembaga pengelola. 5). Kurangnya kesadaran masyarakat.
Kata Kunci: Strategi Pengelolaan, Zakat

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149902 Ecological Economics
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mohammad Muzaki
Date Deposited: 08 Dec 2023 01:53
Last Modified: 08 Dec 2023 01:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29828

Actions (login required)

View Item View Item