Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius Melalui Kegiatan Teman Asuh di SMPN 5 Jember

MS, Intan Fitriah Paradila (2019) Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius Melalui Kegiatan Teman Asuh di SMPN 5 Jember. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Intan Fitriah Paradila MS_084141476.pdf

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah SMPN 05 Jember yang merupakan pencetus pertama kegiatan memiliki tujuan memperdayakan siswa untuk membantu siswa yang membutuhkan bantuan yang menunjang pembentukan karakter religius siswa. Kegiataan teman asuh meliputi memberikan bantuan seperti buku paket, seragam sekolah, kaca mata, sepatu, dan bantuan dana kesehatan kepada siswa yang memerlukan bantuan. Dengan adanya kegiatan teman asuh diharapan mampu membantu siswa yang membutuhkan dan terlebih lagi siswa diajarkan dan terbiasa terhadap nilai saling peduli, siswa tolong menolong sesama teman dan gemar sedekah. Tidak terbatas sampai disitu saja tetapi ada nilai-nilai karakter religius yang tertanam dalam diri siswa. Fokus penelitian 1)Bagaimana metode internalisasi nilai-nilai karakter religius melalui kegiatan teman asuh di SMPN 5 Jember? 2).Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat internalisasi nilai-nilai karakter religius melalui kegiatan teman asuh di SMPN 5 Jember? 3).Bagaimana hasil internalisasi nilainilai karakter religius melalui kegiatan teman asuh di SMPN 5 Jember? Tujuan penelitian ini adalah 1.Untuk mendeskripsikan metode menginternalisasi nilai-nilai karakter religius melalui kegiatan teman asuh jember di SMPN 5 Jember. 2.Untuk mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat internalisasi nilai-nilai karakter religius melalui kegiatan teman asuh di SMPN 5 Jember. 3.Untuk mendeskripsikan hasil internalisasi nilai-nilai karakter religius melalui kegiatan teman asuh jember di SMPN 5 Jember. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, jenisnya deskriptif dengan rancangan penelitian studi kasus yang dilakukan di SMPN 5 Jember. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi nonpartisipan dan dokumenter. Analisis data deskriptif kualitatif dengan menggunakan model interaktif Miles dan Huberman melalui langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan sumber. Kesimpulannya: 1). mengenai metode internalisasi nilai-nilai karakter religius melalui kegiatan teman asuh di SMPN 5 Jember. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yakni pertama metode keteladanan, kedua metode pembiasaan, ketiga metode nasehat, keempat metode perhatian 2.) faktor pendukung dan penghambat internalisasi nilai-nilai karakter religius melalui kegiatan teman asuh di SMPN 5 Jember, yaitu tingginya rasa kepedulian dari berbagai pihak mulai dari kepala sekolah, guru hingga murid, Sedangkan semangat saling berbagi terhadap sesama teman, faktor penghambat yaitu kurangnya sosialisai 3). hasil internalisasi nilai-nilai karakter religius melalui kegiatan teman asuh di SMPN 5 Jember yaitu, makin tertanamnya jiwa saling berbagi terhadap sesama terutama semasa teman kelas ,rasa kepedulian juga makin meningkat dan yakni jiwa sedekah menjadi karakter yang ternanam dalam diri peserta didik. Kata Kunci : Internalisasi, Karakter, Religius, Kegiatan Teman Asuh

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 27 Nov 2023 06:35
Last Modified: 27 Nov 2023 06:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29831

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item