Pengembangan Media Puzzle Berbasis Make A Match pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial di Kelas IV SD Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember

Pratiwi, Nurmalinda (2023) Pengembangan Media Puzzle Berbasis Make A Match pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial di Kelas IV SD Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nurmalinda Pratiwi (T20194080).pdf

Download (6MB)

Abstract

Media di dalam proses pembelajaran merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari proses belajar mengajar. Dengan menggunakan media yang inovatif, peserta didik dapat belajar dengan aktif serta memudahkannya dalam mempelajari materi. Pada penelitian ini peneliti akan melakukan pengembangan media puzzle berbasis make a match yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Media puzzle ini nantinya akan dibuat dengan memuat pembelajaran IPAS materi Kenampakan Alam dan Pemanfaatannya di Kelas IV B SD Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember. Salah satu alasan dari peneliti memilih untuk mengembangkan media ini yaitu untuk melibatkan peserta didik agar aktif ketika kegiatan pembelajaran berlangsung, baik secara mental ataupun fisiknya. Penelitian ini memiliki rumusan masalah diantaranya: pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kevalidan media puzzle berbasis make a match pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial di kelas IV SD Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember? 2) Bagaimana kepraktisan media puzzle berbasis make a match pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial di Kelas IV SD Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember? 3) Bagaimana keefektifan media puzzle berbasis make a match pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial di kelas IV SD Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember? Tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan kevalidan media puzzle berbasis make a match pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial di kelas IV SD Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember. 2) Untuk mendeskripsikan kepraktisan media puzzle berbasis make a match pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial di Kelas IV SD Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember. 3) Untuk mendeskripsikan keefektifan media puzzle berbasis make a match pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial di kelas IV SD Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan dua jenis data yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Model penelitian yang digunakan yaitu model penelitian ADDIE, yang terdiri atas Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Hasil penelitian pengembangan media Puzzle Berbasis Make A Match sudah memenuhi kriteria yang dilakukan melalui uji coba beberapa ahli. Hasil uji coba ahli media menunjukkan tingkat kevalidan sebesar 90,6%, ahli materi menunjukkan tingkan kevalidan sebesar 92%, dan respon peserta didik sebesar 94%. Hasil keefektifan yang sudah dihitung menggunakan rumus N-Gain Score menunjukkan nilai rata-rata sebesar 77, 261% yang artinya media Puzzle Berbasis Make A Match sudah dikategorikan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Nurmalinda Pratiwi
Date Deposited: 27 Nov 2023 08:22
Last Modified: 27 Nov 2023 08:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29836

Actions (login required)

View Item View Item