Khusnah, Laila (2020) PEMBELAJARAN IPA SMP/MTS SELAMA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN JEMBER. [Laporan Penelitian] (Unpublished)
Text
Laporan Penelitian utk perpus.pdf Download (729kB) |
Abstract
Pembelajaran IPA SMP/MTs selama Pandemi COVID-19 di Kabupaten Jember
Kata Kunci: Pembelajaran IPA, Pandemi, COVID-19.
Dunia pendidikan mengalami perubahan yang sangat besar di masa pandemi COVID-19. Proses pembelajaran yang semula dilakukan dengan tatap muka di sekolah, menjadi pertemuan jarak jauh dari rumah masing-masing siswa dalam jaringan (daring). Ini dilakukan demi memutus mata rantai penularan virus yang menyebar dengan sangat cepat. Proses pembelajaran yang dilakukan secara daring banyak menghadirkan perubahan, mulai dari pendekatan pembelajaran, metode, media hingga evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seluruh proses pembelajaran IPA SMP/MTs selama pandemi COVID-19 di Kabupaten Jember.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dengan menyebar angket google form kepada 24 guru SMP/MTs yang tersebar di kabupaten Jember. Angket yang telah diisi oleh para guru kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran selama pandemic yang paling banyak digunakan adalah pendekatan lingkungan yaitu sebesar 46%, metode pembelajaran yang paling banyak digunakan adalah metode penugasan sebesar 67%, dengan media pembelajaran online paling banyak adalah WA sebesar 63%, dan evaluasi hasil belajar sebagian besar (81%) hanya menggunakan kognitif saja.
Item Type: | Laporan Penelitian |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Laila Khusnah |
Date Deposited: | 24 Sep 2021 07:28 |
Last Modified: | 24 Sep 2021 07:28 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/2984 |
Actions (login required)
View Item |