Implementasi Metode Tajdied Dalam Baca Al – Quran Di SD Muhammadiyah 1 Jember.

Ghofi, Abdul (2019) Implementasi Metode Tajdied Dalam Baca Al – Quran Di SD Muhammadiyah 1 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

This is the latest version of this item.

[img] Text
ABDUL GHOFI_084 148 002.pdf

Download (5MB)

Abstract

Keterampilan membaca Al-Qur’an merupakan hal yang sangat penting guna memahami isi kandungan Al-Qur’an. Kemampuan dasar ini akan lebih mudah, bila diterapkan kepada umat Islam sejak pada usia dini. Suatu perbandingan status dalam dunia proses belajar mengajar (PBM), bahwasanya metode jauh lebih penting dari materi. Sebuah proses belajar mengajar bisa dikatakan tidak berhasil bila dalam proses tersebut tidak menggunakan suatu metode. Suatu metode dikatakan baik dan cocok apabila bisa mengantarkan kepada tujuan yang dimaksud. Supaya dalam kegiatan belajar Al-Qur’an dapat berjalan dengan lancar banyak sekali metode yang bisa digunakan yaitu dengan metode-metode cepat baca Al-Qur’an diantaranya: Metode Jibril, Al-Baghdady, Iqro’, An-Nahdliyah, Al-Barqi, Qiro’ati, Nurul Hikmah dan lain-lain. Keseluruhan dari sekian banyak metode tersebut, tidak ada metode yang mandul, metode apapun ada hasilnya, namun perlu dicari alternatif baru yang lebih efektif dan efisien dalam hal : 1. Lebih memudahkan guru dalam mengajar dan santri dalam memahami dan menerima pelajaran. 2. Lebih cepat. 3. Lebih menarik minat dan menyenangkan. 4. Menstimulus anak untuk berfikir sistematis. Adapun SD Muhammadiyah 1 Jember memilh metode Tajdied dalam pembelajaran baca Al-Qur’an dengan alasan menjawab tantangan itu semua ,sesuai dengan rekomendasi Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur. Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini adalah:1. Bagaimana implementasi metode Tajdied dengan mengintegrasikan metode SAS dan metode Mnemonik dalam mempercepat kemampuan baca Al-Quran di SD Muhammadiyah 1 Jember? 2. Bagaimana implementasi metode Tajdied seri Tajwid dalam baca Al-Quran menggunakan Rasm Utsmani di SD Muhammadiyah 1 Jember? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan implementasi metode Tajdied dengan mengintegrasikan metode SAS dan metode Mnemonik dalam mempercepat kemampuan baca Al-Qur’an di SD Muhammadiyah 1 Jember. 2. Mendeskripsikan implementasi metode Tajdied seri Tajwid dalam baca Al-Quran menggunakan Rasm Utsmani di SD Muhammadiyah 1 Jember. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam skripsi ini adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, dari data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis model interaktif Miles and Huberman, analisis deskriptif dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode Tajdied di SD Muhammadiyah 1 Jember yaitu: 1) implementasi metode tajdied dengan mengintegrasikan metode SAS dan metode mnemonik dalam mempercepat kemampuan baca Al-Quran sudah diterapkan pada pembelajaran baca Al-Quran di SD Muhammadiyah 1 Jember secara efektif dan efisien serta menyenangkan,sehingga hal tersebut memengaruhi terhadap tercapainya visi dan misi tajdied itu sendiri. 2. metode tajdied seri tajwid menggunakan rasm utsmani sudah dilaksanakan pada pembelajaran baca Al-Quran di SD Muhammadiyah 1 Jember dengan menyajikan simbol-simbol teori tajwid sederhana disertai sentuhan mnemonik serta upaya menuju suasana pembelajaran yang selalu menyenangkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 27 Nov 2023 08:16
Last Modified: 27 Nov 2023 08:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29842

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item