Rakasiwi, Putri (2019) Pengaruh Self Efficacy terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII di SMP Negeri 12 Jember. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.
Text
Putri Rakasiwi_T20157049.pdf Download (4MB) |
Abstract
Pengaruh Self Efficacy terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Kata kunci: Self Efficacy, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya faktor yang mempengaruhi motivasi belajar dan hasil belajar matematika diantaranya adalah self efficacy. Self efficacy merupakan keyakinan individu mengenai seberapa kemampuannya dalam menghadapi beraneka ragam situasi yang terjadi dalam hidupnya. Motivasi belajar adalah segala usaha yang menjadi pendorong baik dalam diri maupun luar dalam proses belajar guna mencapai tujuan dan hasil belajar yang diinginkan. Hasil belajar merupakan suatu perolehan yang di dapat dari suatu usaha menyelesaikan tugas yang mengakibatkan adanya perubahan dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan self efficacy siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Jember, 2) Mendeskripsikan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Jember, 3) Mendeskripsikan hasil belajar siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar kelas VIII di SMP Negeri 12 Jember, 4) Mengetahui pengaruh yang signifikan self efficacy terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Jember, 5) Mengetahui pengaruh yang signifikan self efficacy terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar kelas VIII di SMP Negeri 12 Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey yang dilakukan di SMP Negeri 12 Jember. Populasi meliputi seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 206 siswa. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin di dapat 136 sampel dengan teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes serta analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Self efficacy siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Jember dalam kategori sedang dengan prosentase 47,06%, 2) Motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Jember dalam kategori tinggi dengan prosentase 56,62%, 3) Hasil belajar siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi berada kategori sangat tinggi dengan prosentase 42,65%, 4) Ada pengaruh yang signifikan self efficacy terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Jember berdasarkan hasil = 11,502 > = 1,977 (p = 0,000 < 0,05) dengan besar pengaruh 49,7% sedangkan 50,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini, 5) Tidak ada pengaruh yang signifikan self efficacy terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar berdasarkan hasil = 1,889 < = 1,977 dengan p = 0,062 > 0,05.jar Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII di SMP Negeri 12 Jember
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010303 Optimisation |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 27 Nov 2023 08:23 |
Last Modified: | 27 Nov 2023 08:23 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29844 |
Actions (login required)
View Item |