Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Mangunsari Lumajang

Hasanah, Ulfiatul (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Mangunsari Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ULFIATUL HASANAH WATERMARK.pdf

Download (12MB)

Abstract

Ulfiatul Hasanah, 2023: Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Mangunsari Lumajang

Kata Kunci: LKPD, Klasifikasi Makhluk Hidup, Discovery Learning

Berdasarkan hasil wawancara dengan Bapak Abdul Hafid selaku guru IPA di MTs Nurul Huda Mangunsari Lumajang, Bahwa peserta didik masih mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran IPA khususnya materi klasifikasi makhluk hidup dikarenakan harus mengelompokkan dan menghafal nama latin dari makhluk hidup. Sedangkan untuk menanggulangi kesulitan tersebut guru menggunakan buku paket dan LKPD yang disediakan oleh pihak sekolah.

Penelitian ini fokus pada : 1) Bagaimana validitas LKPD berbasis discovery learning pada materi klasifikasi makhluk hidup di MTs Nurul Huda? 2) Bagaimana respons peserta didik terhadap LKPD berbasis discovery learning pada materi klasifikasi makhluk hidup di MTs Nurul Huda?

Tujuan penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu 1) Untuk mendeskripsikan validitas LKPD berbasis discovery learning pada materi klasifikasi makhluk hidup di MTs Nurul Huda. 2) Untuk mendeskripsikan respon peserta didik terhadap LKPD berbasis discovery learning pada materi klasifikasi makhluk hidup di MTs Nurul Huda.

Penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model ASSURE mencakup 6 tahap yaitu Analyze learner characteristik (menganalisa karakteristik pembelajar), State objectives (menyatakan tujuan), Select methods, media and materials (memilih metode, media dan materi), Utilize media and materials (memanfaatkan media dan materi), Require Learne Participation (meminta partisipasi peserta didik), Evaluation (evaluasi).

Hasil dari penilitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) LKPD berbasis discovery learning dinyatakan sangat valid berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media sebesar 90,00%, ahli materi sebesar 93,3%, dan ahli praktisi (guru IPA) sebesar 94,11%, sehingga rata-rata yang didapatkan yaitu sebesar 92,47%. (2) Respons peserta didik terhadap LKPD berbasis discovery learning sangat baik karena dari hasil uji coba skala kecil yang dilakukan terhadap 6 peserta didik mendapatkan presentase sebesar 92,5%. Hasil uji coba skala besar pada 31 peserta didik sebesar 92,7% yang menunjukkan bahwa LKPD berbasis discovery learning pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII MTs Nurul Huda termasuk dalam kategori yang sangat menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0608 Zoology > 060808 Invertebrate Biology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0608 Zoology > 060809 Vertebrate Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ulfiatul Hasanah
Date Deposited: 28 Nov 2023 01:13
Last Modified: 28 Nov 2023 01:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29848

Actions (login required)

View Item View Item