Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Anak Tunagrahita Ringan Di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Negeri jember

Salsabila, Putri (2023) Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Anak Tunagrahita Ringan Di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Negeri jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI PUTRI SALSABILA WATERMARK.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci : Upaya, Anak Tunagrahita Ringan, Kesulitan Belajar
Kesulitan belajar merupakan kondisi dimana individu memiliki hambatan-hambatan yang dapat membuat ketidakefektifan prosesbelajar sehingga tidak tercapainya tujuan belajar. Terjadinya kesulitan belajar tersebut dapat dikarenakan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Hal ini dapat terjadi pada anak berkebutuhan khusus salah satunya anak tunagrahita yang mana kondisi merekamemiliki hambatan dan keterbelakangan perkembangan mental intelektual dibawah rata-rata sehingga dapat memunculkan kendala dalam proses pembelajaran mereka yang mengakibatkan anak tunagrahita kesulitan dalam belajar. selain itu, hal ini menjadi tugas guru untuk menangani hal tersebut karena dengan kondisi mereka guru tidak dapat menerapkan proses belajar yang sama dengan anak normal.Untuk itu guru memerlukan memerlukan upaya atau solusi yang sesuai dengan kemampuan mereka dan dapat membantu menangani kesulitan belajar tersebut.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kesulitan belajar anak tunagrahita ringan di Sekolah MenengahPertama Luar Biasa Negeri Jember? 2) Bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar anak tunagrahita ringan diSekolah Menengah Pertama Luar Biasa Negeri Jember?Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan dalam belajar pada anak tunagrahita ringan di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Negeri Jember dan upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi Kesulitan belajar anak tunagrahita ringan di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Negeri Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi partisipasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa anak tunagrahita ringan di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Negeri Jember terletak pada masalah perkembangan yang meliputi kemampuan kognitif, kemampuan bahasa, komunikasi dan penyesuaian perilaku sosial. Disamping itu ia juga mengalami masalah akademik seperti kemampuan dalam membaca, menulis dan matematika. Upaya yang dilakukan guru Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Negeri Jember untuk menangani kesulitan belajar tersebut yaitu dengan menggunakan proses pembelajaran secara individual, memberikan penjelasan yang tidak terlalu cepat, pemberian contoh yang aplikatif, menggunakan media pembelajaran gambar dan praktek langsung, memberikan tugas rumah yang teratur dan reward berupa pujian dan hadiah kecil pada anak tunagrahita ringan yang memiliki perkembangan dalam belajarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences > 170203 Knowledge Representation and Machine Learning
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: ms Putri Salsabila
Date Deposited: 28 Nov 2023 01:25
Last Modified: 28 Nov 2023 01:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29851

Actions (login required)

View Item View Item