PENGGUNAAN BAHASA ALAY DAN PERGESERAN BUDAYA KOMUNIKASI REMAJA DESA SAMBIMULYO BANGOREJO BANYUWANGI

syafa'at, fahim (2023) PENGGUNAAN BAHASA ALAY DAN PERGESERAN BUDAYA KOMUNIKASI REMAJA DESA SAMBIMULYO BANGOREJO BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MUHAMMAD FAHIM SYAFA'AT_D20191008.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Bahasa Alay, Pergeseran Budaya Komunikasi, Remaja
Bahasa merupakan suatu wujud pernyataan seseorang melalui ucapan yang mewakili suatu tindakan tertentu dan bahasa bisa menjadi pembeda dengan seseorang lainnya. Bahasa mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, sebab dengan bahasa seseorang bisa berkomunikasi dengan orang lain. Bahasa Jawa yang digunakan masyarakat merupakan salah satu kekayaan budaya Desa Sambimulyo. Namun, kebanyakan masyarakat terutama kalangan remaja Desa Sambimulyo tidak mahir dalam menggunakan bahasa daerah mereka. Penggunaan bahasa Jawa yang benar biasanya hanya ditunjukkan oleh kalangan orang tua. Salah satu faktor yang memicu memudarnya penggunaan bahasa Jawa di kalangan remaja Desa Sambimulyo adalah media sosial. Hasil observasi menunjukkan bahwa teknologi media sosial dapat menurunkan kualitas hubungan antar remaja sehingga menjadikan individu lebih sibuk dengan komputer, laptop, dan perangkat lainnya serta jarang melakukan komunikasi tatap muka. Komunikasi remaja sebelum mengenal yang namanya gadget selalu aktif tatap muka dalam berkomunikasi, kini harus berubah menjadi pasif setelah adanya gadget.
Fokus masalah dalam penelitian skripsi ini adalah: a) Bagaimana faktor yang mendorong penggunaan bahasa alay di kalangan remaja Sambimulyo Bangorejo Banyuwangi?, b) Bagaimana bentuk pergeseran budaya komunikasi remaja pengguna bahasa alay di Desa Sambimulyo Bangorejo Banyuwangi?, c) Bagaimana dampak penggunaan bahasa alay bagi budaya komunikasi remaja Desa Sambimulyo Bangorejo Banyuwangi?.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian skripsi ini adalah remaja Desa Sambimulyo yang berjumlah 5 orang. Pada analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil penelitian ini adalah: Bahwa penggunaan bahasa alay sebagai alat komunikasi dikalangan remaja dipengaruhi faktor yang signifikan yaitu media sosial. Adapun dampak positif yaitu: a) Bahasa daerah terutama Jawa lebih dikenal masyarakat luas, b). Komunikasi lebih akrab. Sedangkan dampak negatif bahasa alay: a). Terkikisnya nilai asli bahasa Jawa, b). Lunturnya makna asli budaya Jawa, c). Terciptanya konflik bahasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhammad Fahim Syafa'at
Date Deposited: 28 Nov 2023 01:19
Last Modified: 28 Nov 2023 01:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29852

Actions (login required)

View Item View Item