Peran Pekerja Sosial Dalam Pendampingan Anak Terlantar Di Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo

Safitri, Laela (2023) Peran Pekerja Sosial Dalam Pendampingan Anak Terlantar Di Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
LAELA SAFITRI_D20192030.pdf

Download (4MB)

Abstract

Anak adalah amanah dari Allah yang harus dijaga dan disayangi. Anak usia 0-18 tahun memasuki fase pertumbuhan dan perkembanagan dimana untuk membantu sehingga sangat dibutuhkan arahan dan bimbingan dari orangtua karena fase ini yang akan menentukan arah perkembangan diri di kehidupannya kelak. Namun, pada kenyataannya banyak anak yang masuk dalam kategori Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) salah satunya adalah anak terlantar. Dengan demikian perlu adanya penanganan khusus supaya masalah anak terlantar cepat tertangani. Pekerja sosial memiliki peran penting dalam penyelesaian masalah anak terlantar.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran pekerja sosial dalam pendampingan anak terlantar di Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo? 2) Bagaimana Faktor pendukung dan penghambat pekerja sosial dalam pendampingan anak terlantar di Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan peran pekerja sosial dalam pendampingan anak terlantar di Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo. 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pekerja sosial dalam pendampingan anak terlantar di Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo.
Penelitian menggunakan metode kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data data menggunakan teori Miles & Huberman, Saldana yaitu Pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan keseimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Tahapan penelitian meliputi tahap pra lapangan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyelesaian.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa dalam penanganan anak terlantar, pekerja sosial memiliki beberapa peran dalam melakukan pendampingan terhadap anak terlantar, diantaranya peran sebagai fasilitator, peran edukatif, peran representatif, dan juga memiliki beberapa peranan teknis. Dalam melaksanakan peran-peran tersebut, ada beberapa faktor pendukung pekerja sosial dalam melaksanakan tugasnya, yaitu struktur organisai yang jelas, dan kemampuan dari pekerja sosial itu sendiri dalam melaksanakan pendampingan. Selain itu, ada faktor penghambat yang menjadikan pendampingan kurang maksimal yaitu kurangnya sumber daya manusia khususnya pekerja sosial anak di Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo.
Kata Kunci: peran pekerja sosial, anak terlantar, Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LAELA SAFITRI
Date Deposited: 01 Dec 2023 02:04
Last Modified: 01 Dec 2023 02:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29860

Actions (login required)

View Item View Item