Pengelolaan Pembelajaran Fiqih Berbasis Multimedia Di MI Mambaul Ulum Grujugan Lor Bondowoso Tahun 2012.

Effendy, Ahmad Fauzan (2014) Pengelolaan Pembelajaran Fiqih Berbasis Multimedia Di MI Mambaul Ulum Grujugan Lor Bondowoso Tahun 2012. Masters thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Jember (STAIN).

[img] Text
Ahmad Fauzan Effendy_0849110026.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata kunci : Pengelolaan Pembelajaran, Multimedia Pembelajaran Perubahan paradigma pembelajaran dari teacher center (guru aktif) menjadi student center (siswa aktif) menjadi kegiatan belajar mengajar harus lebih menarik, inovatif, kreatif dan menyenangkan. Karena itu seorang guru harus bisa menciptakan suasana kelas dengan pembelajaran yang lebih menarik, inovatif, kreatif dan menyenangkan, serta diharapkan ada proses transfer informasi dari guru kepada siswa. Oleh sebab itu diperlukan media yang sesuai dalam setiap pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan baik. Perkembangan teknologi multimedia memberikan harapan baru terhadap pemecahan masalah dalam pembelajaran. Tanpa mengurangi peran guru di kelas lewat pembelajaran klasik, kehadiran teknologi informasi dengan konsep multimedia yang terus berkembang sudah selayaknya kalau kehadirannya dipertimbangkan dan tidak lagi dianggap sebagai kemustahilan di dunia pendidikan. Berdasarkan latar pemikiran tersebut diatas, dapat diambil suatu gambaran tentang fokus penelitian yang akan dijadikan sebagai pokok kajian dalam penulisan tesis yaitu sebagai berikut: Bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran Fiqih berbasis multimedia di MI Mambaul Ulum Grujugan Lor Bondowoso? Pendekatan Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Dengan menggunakan deskriptif kualitatif dalam jenis penelitiannya. Dengan menggunakan metode observasi, interview dan dokumenter dalam penggalian data penelitian ini. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, sajian data, dan verification /penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data dikarenakan peneliti melakukan wawancara secara langsung terhadap sumber data dan kecukupan refrensi dalam uji keabsahan data Proses penggunaan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran fiqih adalah media pembelajaran Audio Visual agar dapat berperan sebagaimana mestinya, diantaranya yaitu membangkitkan semangat siswa, dan mempermudah guru dalam menyampaikan pesan atau pelajaran. Dalam mata pelajaran fiqh penggunaan media sangatlah penting, sebab adanya media audio visual siswa lebih mengamati dan mencermati tentang tema-tema yang berkaitan dengan mata pelajaran fiqih, misalnya tentang sholat, puasa, haji, thaharah, dan sebagainya. Hasil belajar siswa setelah guru menggunakan media audio visual pada mata pelajaran fiqih maka guru mengadakan evaluasi hasil belajar yang merupakan proses untuk menentukan nilai belajar siswa melalui kegiatan penilaian dan pengukuran hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 28 Nov 2023 06:53
Last Modified: 28 Nov 2023 06:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29867

Actions (login required)

View Item View Item