Penerapan Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Pencatatan Perkawinan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember

Andini, Trio Fani (2023) Penerapan Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Pencatatan Perkawinan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
ANDINI TRIO FANI_S20191067.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Perkawinan, Pencatatan Perkawinan, SIMKAH
Pencatatn perkawinan merupakan kegiatan pendataan yang dilakukan oleh Pegawai pencatat nikah di Kantor Urusan Agama. Sejak berlakunya Surat Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Nomor II/369 Tahun 2013, pencatatan perkawinan kini dapat dikerjakan dengan menerapkan aplikasi Bernama Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH). Namun, kenyataannya masih terjadi beberapa kendala yang menghambat pencatatan perkawinan menggunakan Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH).
Fokus penelitian dalam skrispi ini adalah: 1) Bagaimana pencatatan perkawinan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember sebelum dan setelah adanya Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH)? 2) Bagaimana hambatan yang dialami Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember dalam menerapkan Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH)?
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah:1) Untuk mengetahui bagaimana proses pencatatan perkawinan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember sebelum dan sesudah diterapkannya Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH). 2) Untuk mengetahui kendala dan hambatan yang dialami oleh Kantor Urusan Agama Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember dalam mengimplentasikan Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH).
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yuridis empiris dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan dan sosiologi hukum. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian analisis data yang digunakan adalah reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) di Kantor Urusan Agama Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember dilakukan secara manual yaitu tulis tangan, hingga akhirnya beralih menggunakan Sistem Informasi Manajemen yang diawali pada tahun 2005. 2) Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) masih ada beberapa kendala internal, yaitu aplikasi yang sering terjadi trouble, aplikasi yang bergantung pada jaringan internet, sulit dalam pembuatan laporan bulanan Kantor Urusan Agama. Kemudian kendala eksternalnya ialah Kantor Urusan Agama Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember terhambat dalam kurangnya jumlah staff dalam pengoperasian Sistem Informasi Manajemen Nikah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012801 Pernikahan (Secara Umum)
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Ms Andini Trio Fani
Date Deposited: 28 Nov 2023 03:09
Last Modified: 28 Nov 2023 03:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29870

Actions (login required)

View Item View Item