SAHAM SEBAGAI MAHAR NIKAH PERSPEKTIF KEPALA KUA DI KABUPATEN JEMBER

Julio, Sukamto (2023) SAHAM SEBAGAI MAHAR NIKAH PERSPEKTIF KEPALA KUA DI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
JULIO SUKAMTO S20191098.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pernikahan ialah sebuah bentuk kasih antara laki-laki dan perempuan dengan bertujuan membuat keluarga yang bahagia dan kekal berdasarkan ketuhanan Yanag Maha Esa. dalam Islam perempuan sangat dimuliakan dan juga dalam pernikahan perempuan sangat di spesialkan. Kewajiban seorang laki-laki ketika hendak melaksanakan pernikahan ialah memenuhi mahar untuk calon istrinya. Mahar merupakan suatu pemberian yang wajib diberikan dari laki-laki kepada perempuan baik berupa barang, jasa, atau uang yang tidak bertentangan dengan hukum Islam. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan perkembangan zaman yang sangat moderan, pemberian mahar di era perkembangan zaman saat ini terjadi modernisasi mahar yang tak biasa, seperti peberian mahar dalam bentuk Saham.
Fokus penelitian dari skripsi ini ialah: 1) Apa eksistensi saham perspektif Kepala KUA di Kabupaten Jember?. 2) Bagaimana saham sebagai mahar pernikahan perspektif Kepala KUA di Kabupaten Jember?.
Tujuan penelitian dari skripsi ini ialah: 1) Untuk mendeskripsikan eksistensi saham sebagai mahar perespektif Kepala KUA di Kabupaten Jember. 2) Untuk mendeskripsikan bagimana saham sebagai mahar pernikahan perspektif Kepala KUA di Kabupaten Jember.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Adapun teknik penggumpulan data peneliti mengunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Pendekatan Penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif adalah data yang dikumpulkan berupa data verbal dan dipaparkan secara detail untuk menggambarkan masalah secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan: 1) Eksistensi saham di Indonesia telah memiliki legalisasi yang ditunjukan dalam Undang-Undang Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1995 tentang pasar Modal Bab IX (Emiten dan Perusahaan Publik). 2) Perspektif Kepala KUA di Jember memperbolehkan pernikahan menggunakan mahar saham pernikahan dengan ketentuan harus memenuhi syarat yang ada serta bentuk dan jenisnya harus jelas ketika ingin dijadikan mahar pernikahan.
Kata Kunci: Saham, Mahar, Nikah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180114 Human Rights Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180122 Legal Theory, Jurisprudence and Legal Interpretation
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Julio julio Sukamto
Date Deposited: 28 Nov 2023 03:20
Last Modified: 28 Nov 2023 03:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29871

Actions (login required)

View Item View Item