Analisis Miskonsepsi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI di SMA Darul Mukhlasin Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023

Fauzia, Ria (2023) Analisis Miskonsepsi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI di SMA Darul Mukhlasin Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RIA FAUZIA_T20198036.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ria Fauzia, 2023: Analisis Miskonsepsi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI di SMA Darul Mukhlasin Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023.

Kata Kunci: miskonsepsi siswa, soal materi sistem reproduksi manusia

Miskonsepsi adalah struktur kognitif yang dapat berubah, mempengaruhi pengalaman - pengalaman siswa terhadap pemahaman suatu konsep dan harus segera di atasi. Apabila miskonsepsi tidak segera di tangani maka akan terintegrasi dalam struktur kognitif siswa.
Fokus masalah yang diteliti adalah: 1) Bagaimanakah miskonsepsi siswa yang berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal materi sistem reproduksi manusia kelas IX di SMA Darul Mukhlasin? 2) Bagaimanakah miskonsepsi siswa yang berkemampuan sedang dalam menyelesaikan soal materi sistem reproduksi manusia kelas XI di SMA Darul Mukhlasin Probolinggo? 3) Bagaimanakah miskonsepsi siswa yang berkemampuan rendah dalam menyelesaikan soal materi sistem reproduksi manusia kelas XI di SMA Darul Mukhlasin Probolinggo? 4) Faktor apa saja yang menyebabkan siswa kelas XI mengalami miskonsepsi dalam menyelesaikan soal materi sistem reproduksi manusia di SMA Darul Mukhlasin?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa yang berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal materi sistem reproduksi manusia kelas XI di SMA Darul Mukhlasin Probolinggo, 2) untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa yang berkemampuan sedang dalam menyelesaikan soal materi sistem reproduksi manusia kelas XI di SMA Darul Mukhlasin Probolinggo, 3) untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa yang berkemampuan rendah dalam menyelesaikan soal materi sistem reproduksi manusia kelas XI di SMA Darul Mukhlasin Probolinggo, 4) untuk mendeskripsikan faktor apa saja yang menyebabkan siswa kelas XI mengalami miskonsepsi dalam menyelesaikan soal materi sistem reproduksi manusia di SMA Darul Mukhlasin Probolinggo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif bersifat deskriptif yang dilakukan di kelas XI yang berjumlah 16 siswa. Subjek penelitian ini berjumlah tiga siswa yang terdiri dari satu siswa kemampuan tinggi, satu siswa kemampuan sedang, satu siswa kemampuan rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis model Miles, Huberman, dan Saldana yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Untuk keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Siswa yang memiliki kemampuan tinggi mengalami miskonsepsi dalam pemahaman konsep soal menjelaskan. 2) Siswa yang memiliki kemampuan sedang mengalami miskonsepsi dalam pemahaman konsep soal menjelaskan dan soal menentukan. 3) Siswa yang memiliki kemampuan rendah mengalami miskonsepsi dalam pemahaman konsep soal menjelaskan, soal membedakan, soal menentukan dan soal menyebutkan. 4) Faktor penyebab miskonsepsi yang dialami oleh siswa adalah berasal dari siswa itu sendiri, penjelasan dari guru, buku teks atau acuan belajar yang kurang memadai, dan metode pengajaran yang kurang kreatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ria Fauzia
Date Deposited: 28 Nov 2023 07:51
Last Modified: 28 Nov 2023 07:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29873

Actions (login required)

View Item View Item