ANALISIS SELF MANAGEMENT DALAM MENGATASI SISWA KECANDUAN HANDPHONE (NOMOPHOBIA) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BONDOWOSO

Wahid, Abdurrahman (2023) ANALISIS SELF MANAGEMENT DALAM MENGATASI SISWA KECANDUAN HANDPHONE (NOMOPHOBIA) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BONDOWOSO. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ANALISIS SELF MANAGEMENT DALAM NGETASI SISWA KECANDUAN HANDPHONE (NOMOPHOBIA) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BONDOWOSO.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Self Management, Nomophobia, Handphone

Self Managemet adalah salah satu teknik yang terdapat pada konseling cognitive behavior teknik yang diberikan kepada konseli yang sedang belajar keterampilan baru sehingga dapat mengatur diri mengurangi ketergantungan pada pihak luar dan mengajarkan konseli agar dapat mengatur dirinya sendiri. Nomophobia merupakan ketergantungan individu terhadap handphone yang berdampak pada kegiatan sehari hari dengan handphone nya yang meraka sukai. Seseorang yang mengalami kecanduan handphone tidak mampu mengatur dirinya dalam menggunakan handphone, meraka akan merasa cemas dan khawatir bila tidak bisa mengakses handphone serta mengabaikan kehidupan sosialnya.
Fokus masalah yang diangkat dalam peneliti ini adalah : 1) Bagaimana fenomena kecanduan handphone (nomophobia) pada siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bondowoso ? dan 2) Bagaimana tindakan konselor dalam mendampingi siswa nomophobia di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bondowoso dengan self management ?.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Pengambilan sampel menggunkan teknik purposive. Adapun teknik pengumpulan data menggunkan wawancara, observasi dan dokumentasi, serta untuk keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data yang digunakan sesuai dengan model milles dan hubermen meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Kemudian tahap penelitian menggunakan tahap pra lapangan, tahap kegiatan lapangan, dan tahap analisis data.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Siswa dan siswi Sekolah Mengah Atas Negeri 1 Bondowoso tidak sedikit yang terpapar kecanduan handphone. Beberapa faktor penyebab siswa SMAN 1 Bondowoso terpapar kecanduan handphone. Faktor-faktor ini bisa diklasifikasi ke dalam dua kategori, yakni faktor eksternal dan faktor internal. 2) Dalam menerapkan self management, guru bimbingan konseling beserta beberapa murid melakukan beberapa hal, di antaranya ialah pemantauan diri, hadiah diri, perjanjian diri, serta penguasaan terhadap rangsangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Abdurrahman Wahid
Date Deposited: 28 Nov 2023 06:54
Last Modified: 28 Nov 2023 06:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29877

Actions (login required)

View Item View Item