Manajemen Pemasaran Pesantren dalam Meningkatkan Penerimaan Santri Baru di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Mlokorejo

Muna, Muwafiqotul (2023) Manajemen Pemasaran Pesantren dalam Meningkatkan Penerimaan Santri Baru di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Mlokorejo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MUWAFIQOTULMUNA T20193162.pdf

Download (4MB)

Abstract

Salah satu pendidikan yang ada di Indonesia adalah Pondok Pesantren, Pondok Pesantren adalah suatu lembaga yang mengajarkan beragai ilmu ada ilmu agama dan juga ilmu umum. Tantangan yang di hadapai oleh Pondok Pesantren Semakin hari semakin besar akibat semakin meningkatnanya kebutuhan pe,bangunan dan juga kemajuan teknologi, oleh karena itu sangat di butuhkan sekali yang namanya Strategi Manajemen Pemasaran guna bisa mendapatkan santri yang berkualitas sehingga Pondok Pesantren bisa mengikuti arus globalusasi. Permasalahan yang di hadapi Pondok Pesantren Bustanul Ulum Mlokorejo dalam menerpakan Strategi Manajemen Pemasaran adalah untuk mendapatkan santri yang berkualitas agar dapat mengikuti arus globalisasi. Sebagai salah satu lembaga pengkajian Agama Islam yang ikut mencerdaskan bangsa, sehingga ketertarikan dari Masyarakat untuk memasukkan anaknya ke dalam Pondok yakni atas dasar kepercayaan atas kualitas lembaga, dalam memperkenalkan kualitas potensi para santri di miliki Pondok Pesantren Bustanul Ulum Mlokorejo.
Fokus penelitian yang di bahas dalam sekripsi ini adalah: 1) Apa saja Langkah-langkah Strategi Pemasaran Manajemen Pondok Pesantren Bustanul Ulum Mlokorejo. 2) Apa saja yang menjadi faktor Pendukung dan penghambat dalam Pemasaran manajemen penerimaan santri baru di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Mlokorejo. 3). Bagaimana evaluasi Pemasaran manajemen Pesantren Dalam Meningkatkan Penerimaan Santri Baru di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Mlokorejo. Tujuan penelitian ini adalah 1). Mengetahui Langkah-langkah Manajemen Pemasaran yang di gunakan di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Mlokorejo. 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Strategi Pemasaran Manajen yang ada di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Mlokorejo. 3). Mengetahui Pengevaluasian Manajemen Pemasaran Pondok Pesantren Bustanul Ulum Mlokorejo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitia deskriptif. Penentuan subjek penelitian dengan teknik purposive sampling, sedangkan pengumpulan datanya menggunkan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, untuk keabsahan data penelitian ini menggunakan trianggulasi data dan sumber.
Hasil dari penelitian ini ialah 1) strategi Manajemn Pemasaran yang di gunakan Pondok Pesantren Bustanul Ulum yakni pertama di adakannya rapat resmi terlebih dahulu dengan Pengasuh Pondok Pesantren yang di hadiri oleh Seluruh guru ustad dan ustazah Pondok Pesantren. Rapat tersebut menentukan Program-program yang akan di gunakan dalam media Pemasaran di antaranya yakni Rrogram pengabdian santri, program promosi menggunakan sosial media, kegiatan kekreatifan santri dan juga meningkatkan kualitas unggulan Pondok Pesantren. 2). faktor pendukung dan faktor pemhambat yakni: tersediannya SDM yang lengkap dan terlemahnya perektrutan dalam promosi dan juga tingginya biaya di sana. 3), evaluasi meliputi: mengadakan kalaborasi rapat yayasan dan juga mengadakan rapat bulanan di setiap lembaga guna untuk mengetahui perkembangan program Strategi Promosi Pondok Pesantren Bustanul Ulum Mlokorejo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muwafiqotul Muna
Date Deposited: 28 Nov 2023 07:45
Last Modified: 28 Nov 2023 07:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29880

Actions (login required)

View Item View Item