Penerapan Usap Abur Untuk Mengembangkan Motorik Halus Di Kelompok B TK Dahrama Wanita Persatuan Selomukti Kecamatan Mlandingan Kabupaten Situbondo.

Nurul Maulidi, Anigatul Adibah (2023) Penerapan Usap Abur Untuk Mengembangkan Motorik Halus Di Kelompok B TK Dahrama Wanita Persatuan Selomukti Kecamatan Mlandingan Kabupaten Situbondo. Undergraduate thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ANIGATUL ADIBAH N.M REVISI (4).pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci : Usap Abur, motorik Halus Motorik halus merupakan sebuah gerakan tubuh yang melibatkan otot�otot kecil pada jari-jari dan pergelangan tangan dengan koordinasi mata dan tangan. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 137 tahun 2014 tentang standar perkembangan anak, terdapat 6 aspek perkembangan yang harus dicapai dan dioptimalkan pada anak usia dini ialah aspek nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, social emosional, dan seni. Di TK Dharma Wanita Persatuan Selomukti salah satu kegiatan pembelajaran dalam menggembangkan motorik halus anak ialah usap abur yang memberikan keunikan dalam pembelajaran kegiatan menggambar yang mengutamakan kekuatan jari untuk mengusap abur warna menjadi suatu objek yang menrik dengan dua menndia gambar yaitu cat air dan krayon. Fokus pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan penerapan usap abur untuk mengembangkan motorik halus di kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Selomukti Kecamatan Mlandingan Kabupaten Situbondo? 2) Bagaimana pelaksanaan penerapan usap abur untuk mengembangkan motorik halus di kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Selomukti Kecamatan Mlandingan Kabupaten Situbondo? 3) Bagaimana evaluasi penerapan usap abur untuk mengembangan kan motorik halus di kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Selomukti Kecamatan Mlandingan Kabupaten Situbondo? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan penerapan usap abur untuk mengembangkan motorik halus di kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Selomukti Kecamatan Mlandingan Kabupaten Situbondo. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan penerapan usap abur untuk mengembangkan motorik halus di kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Selomukti Kecamatan Mlandingan Kabupaten Situbondo. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi penerapan usap abur untuk mengembangkan motorik halus di kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Selomukti Kecamatan Mlandingan Kabupaten Situbondo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penentuan subyek menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi non partisipan, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data di uji dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa: 1) perencanaan penerapan usap abur yaitu dalam mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian, media dan alat yang digunakan. 2) pelaksanaan dalam penerapan usap abur memiliki tiga tahapan yang dilakukan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. 3) evaluasi dalam penerapan usap abur berupa catatan penilaian perkembangan anak berupa cheklist, catatan anekdot, dan hasil karya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 28 Nov 2023 07:55
Last Modified: 28 Nov 2023 07:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29884

Actions (login required)

View Item View Item