KOTA PROBOLINGGO DAN ARUS INFORMASI PEMBANGUNAN BAGI MASYARAKAT KOTA PROBOLINGGO

Muzakki, Fikri Nabil (2023) KOTA PROBOLINGGO DAN ARUS INFORMASI PEMBANGUNAN BAGI MASYARAKAT KOTA PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FIKRI NABIL MUZAKKI D20191065.pdf

Download (22MB)

Abstract

Fikri Nabil Muzakki, 2023: Pemerintah Kota Probolinggo Dan Arus Informasi Pembangunan Bagi Masyarakat Kota Probolinggo.

Kata kunci: Komunikasi pembangunan, arus informasi pembangunan

Informasi pembangunan merupakan salah satu informasi yang harus transparan terbuka dari pemerintah kepada masyarakatnya. Hal ini sudah diatur dalam perundang-undangan, sehingga masyarakat berhak untuk mendapatkan haknya dalam hal keterbukaan informasi pembangunan. Salah satu pemerintahan daerah yang berupaya menyebarkan informasi pembangunan kepada masyarakatnya adalah Pemerintahan Kota Probolinggo. Namun pada penyampaian informasi pembangunan masih terdapat masyarakat Kota Probolinggo yang belum mendapatkan informasi pembangunan secara merata.
Berdasarkan permasalahan yang dipaparkan, maka fokus yang diteliti adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Probolinggo untuk menyediakan akses informasi pembangunan bagi masyarakat Kota Probolinggo? 2) Siapa saja yang terlibat untuk melakukan penyebaran informasi pembangunan bagi masyarakat Kota Probolinggo?. 3) Bagaimana Pemerintah Kota Probolinggo menjamin ketersedian informasi pembangunan bagi masyarakat Kota Probolinggo?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Probolinggo dalam menyediakan akses inforamasi pembangunan bagi masyarakat Kota Probolinggo. 2) Untuk mengetahui siapa saja yang terlibat dalam melakukan penyebaran inforamasi pembangunan bagi masyarakat Kota Probolinggo. 3) Untuk mengetahui bagaimana Pemerintah Kota Probolinggo menjamin ketersediaan informasi pembangunan bagi masyarakat Kota Probolinggo.
Pada penelitian ini peneliti menggunakan penelitian jenis pendekatan kualitatif. Dengan menyajikan data secara naratif deskriptif, menganalisis tentang bagaimana pemerintah Kota Probolinggo dan arus informasi pembangunan bagi masyarakat Kota Probolinggo. Dengan teknik pengumpulan data secara wawancara, observasi dan dokumentasi.
Penelitian ini mendapatkan kesimpulan bahwa Pemerintah Kota Probolinggo dalam penyebaran informasi pembangunan bagi masyarakatnya melakukan konsep difusi informasi pembangunan. Dan dalam tahapan penyebarannya menggunakan konsep komunikasi penyebaran dua tahap (two step model flow). Serta untuk menjamin ketersediaan informasi pembangunan di kalangan masyarakat Kota Probolinggo, pemerintah Kota Probolinggo berusaha melakukan pengelolaan organisasi dengan sistem kendali organisasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Fikri Nabil Muzakki
Date Deposited: 28 Nov 2023 08:18
Last Modified: 28 Nov 2023 08:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29885

Actions (login required)

View Item View Item