Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Melalui Penggunaan Aplikasi InShot Pada Pembelajaran Tematik Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Muarifah, Indah Fatul (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Melalui Penggunaan Aplikasi InShot Pada Pembelajaran Tematik Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
INDAH FATUL MUARIFAH_T20194138.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini berlandaskan pada media pembelajaran yang digunakan sebagai alat bantu guru dalam menyampaikan materi kepada peserta didik, untuk melengkapi sarana pembelajaran pada pembelajaran PPKN kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember. Media pembelajaran ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan peserta didik yang berkaitan dengan materi hak dan kewajiban di sekolah yang memudahkan peserta didik dalam belajar. Media pembelajaran interaktif melalui penggunaan aplikasi InShot merupakan sebuah media pembelajaran berupa video yang beranimasi dan bergambar.
Rumusan masalah ini (1) Bagaimana pengembangan media pembelajaran interaktif melalui penggunaan aplikasi InShot pada pembelajaran tematik kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember, (2) Bagaimana kevalidan dari pengembangan media pembelajaran interaktif melalui penggunaan aplikasi InShot pada pembelajaran tematik kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember. Tujuan penelitian dan pengembangan ini antara lain: (1) Untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran interaktif melalui penggunaan aplikasi InShot pada pembelajaran tematik kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember. (2) Untuk menguji dan mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif melalui penggunaan aplikasi InShot pada pembelajaran tematik kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan oleh Dick dan Carry yaitu ADDIE yang terdiri dari 5 tahap antara lain: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek dari penelitian ini peserta didik kelas V R.A Kartini yang berjumlah 27 peserta didik.
Hasil dari penelitian pengembangan yang dilakukan yaitu 1) Pengembangan media pembelajaran interaktif pada pembelajaran tematik kelas V R.A Kartini yaitu terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Sehingga yang mulanya berupa media buku, lembar kerja peserta didik, dan gambar saja menjadi media pembelajaran interaktif melalui penggunaan aplikasi InShot berupa video beranimasi dan bergambar. 2) kelayakan media pembelajaran interaktif melalui pengggunaan aplikasi InShot diketahui setelah melakukan uji validitas oleh 3 validator dengan perolehan rata-rata 93% sehingga media ini dikatakan sangat valid atau layak digunakan dan apalagi diperkuat dengan FGD tentang validitas media tersebut yang dinyatakan layak. Selanjutnya tingkat kelayakan diperkuat dengan respon peserta didi berupa angket.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Indah Fatul Muarifah
Date Deposited: 29 Nov 2023 03:22
Last Modified: 29 Nov 2023 03:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29887

Actions (login required)

View Item View Item