Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Permatasari, Amalia Dewi (2023) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI FIXXX scan ttd watermark.pdf

Download (4MB)

Abstract

Amalia Dewi Permatasari, 2023 : Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Gaya Belajar, Hasil Belajar.
Fenomena yang terjadi di dunia pendidikan di Indonesia khususnya di Sekolah, masih banyak siswa yang masih tidak fokus dalam belajar serta sibuk sendiri dengan kegiatannya. Penanganan kecerdasan emosional siswa masih menjadi perhatian sekolah. Selama proses belajar mengajar, gaya belajar penting bagi siswa maupun guru, karena berpengaruh bagi siswa dalam memproses materi. Selain itu juga terdapat kecerdasan emosional yang berpengaruh bagi keberhasilan siswa dalam belajar. Pengendalian emosi yang baik dan gaya belajar yang tepat akan menghasilkan hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan gaya belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Jember tahun pelajaran 2022/2023. 2). Mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan gaya belajar secara individu terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Jember tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survei yang dilaksanakan di SMA Negeri 4 Jember. Populasi siswa kels XI MIPA berjumlah 88 siswa. Peneliti mengambil sampel sejumlah 60 siswa menggunakan teknik sampling berdasarkan pendapat Arikunto, yakni apabila subjek kurang dari 100, populasi menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi serta analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). F hitung 11,532 lebih besar dari F tabel 3,16 sehingga disimpulkan bahwa kecerdasan emosional dan gaya belajar berpengaruh secara bersama-sama terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Jember. 2). Kecerdasan emosional berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Jember dibuktikan dengan t hitung 2,968 lebih besar dari t tabel 1,672. Gaya belajar juga berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Jember dibuktikan pula dengan t hitung 2,849 lebih besar dari t tabel 1,672.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Amalia Dewi Permatasari
Date Deposited: 29 Nov 2023 03:50
Last Modified: 29 Nov 2023 03:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29894

Actions (login required)

View Item View Item