Konsep Musyarakah Mutanaqishah pada Produk Pembiayaan Griya MMQ iB Hasanah BNI Syariah Kantor Cabang Pembantu Banyuwangi.

hadi, firdausia (2019) Konsep Musyarakah Mutanaqishah pada Produk Pembiayaan Griya MMQ iB Hasanah BNI Syariah Kantor Cabang Pembantu Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Firdausia Hadi_E20151171.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan semakin meningkatnya populasi muslim dunia dan meningkatnya kebutuhan muslim akan keuangan syariah. Akad adalah kebutuhan mutlak dalam transaksi syariah, akad yang dahulu dicontohkan pun kini tak dapat menjawab kebutuhan manusia yang semakin komplek. Sehingga dibutuhkan inovasi baru dalam akad yang tak lagi tunggal, akan tetapi menjadi multi akad. Akan tetapi hal ini menghadapi kendala dengan hadis nabi yang melarang dua akad atau lebih dalam satu transaksi (bai'ataini fi bai'atin). Namun kemudian sebagian ulama membolehkan multi akad dalam satu transaksi dengan catatan harus sesuai kaedah-kaedah yang berlaku. Dari apa yang menjadi latar belakang peneliti diatas, maka fokus masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana konsep musyarakah mutanaqishah di BNI Syariah KCP Banyuwangi dan (2) bagaimana aplikasi musyarakah mutanaqishah pada produk Griya MMQ iB Hasanah BNI Syariah KCP Banyuwangi. Hal ini perlu dilakukan dengan tujuan, agar praktik multi akad yang ada di bank BNI Syariah khususnya dan bank Syariah lain pada umumnya dapat berjalan sesusai kaedah dan jauh dari hal yang dilarang islam yakni riba, gharar, dan maisir. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive, teknik pengumpulan data dilakukan dengan jalan wawancara tidak terstruktur, observasi berperan pasif, dan dokumentasi serta analisis data dilakukan dengan tiga tahapan yang disebut triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) praktik pembiayaan Griya MMQ telah dilakukan dengan standar yang telah ditetapkan yaitu mulai dari Nasabah mengajukan pembiayaan, penyerahan berkas-berkas persyaratan, observasi, input data, analisis berkas, penandatangan atau akad, pencairan, meskipun ada sedikit perbedaan namun hal ini tidak berpengaruh pada keabsahan akad. (2) Produk menggunakan tiga akad musyarakah,ijarah dan wakalah, dimana ada dua akad pokok yaitu musyarakah dan ijarah, musyarakah yang dilakukan mutanqishah dan ijarah hanya bentuk sewa, pembayaran dilakukan bersama akan tetapi nasabah menjadi pihak yang berbeda yakni shahibul maal dan penyewa, jadi akad terpihak antara satu dengan yang lainnya. Bentuk akad adalah akad tijari. Kata Kunci: Produk Griya MMQ, musyarakah mutanqishah, murakkabah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 29 Nov 2023 01:32
Last Modified: 29 Nov 2023 01:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29897

Actions (login required)

View Item View Item