nurfaidah, debbiy (2020) PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS DAN EFESIENSI EVALUASI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XII-AGAMA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 JEMBER. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.
Text
DEBBIY NURFAIDAH_0849317014.pdf Download (9MB) |
Abstract
Kata Kunci: Teknologi Informasi dan Evaluasi Pembelajaran Dalam melaksanakan proses pembelajaran di sekolah terdapat dua peristiwa penting, yaitu penerimaan siswa baru di awal tahun ajaran serta ujian akhir di akhir tahun ajaran.Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan telah memicu kecenderungan pergeseran dari pembelajaran konvensional secara tatap muka ke arah pembelajaran jarak jauh. Kebijakan dalam evaluasi pembelajaran mengenai perubahan dalam pelaksanaan ujian nasional yang menggunakan komputer ini juga diterapkan di MAN 1 Jember, sistem evaluasi yang menggunakan komputer di lakukan oleh siswa kelas XII pada saat Ujian Sekolah Berstandar Nasional dan Ujian Nasional. Fokus Penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan Evaluasi Pembelajaran yang memanfaatkan Teknologi Informasi?, (2) Bagaimana pelaksanaan pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak?, (3) Bagaimana hasil dari pelaksanaan pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Evaluasi Pembelajaran? Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan Evaluasi Pembelajaran yang memanfaatkan Teknologi Informasi, (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak, (3) Untuk mendeskripsikan hasil dari pelaksanaan pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Evaluasi Pembelajaran. Pendekatan dalam penelitian menggunakan kualitatif, jenis penelitian hipoteriko verifikatif, subyek penelitiannya menggunakan Purposive Sampling, teknik pengumpulan datanya menggunakan Observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data menggunakan model Miles dan Huberman serta keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa MAN 1 Jember melaksanakan evaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan Teknologi Informasi yang menyangkut tiga aspek yaitu: 1) Perencenaan Evaluasi Pembelajaran yang memanfaatkan Teknologi Informasi, meliputi: (a) perencanaan secara teknis terhadap sistem, (b) membuat jadwal pelaksanaan, (c) memasukkan data guru dan peserta didik, (d) memasukkan soal dan kunci jawaban, e) mempersiapkan sarana dan prasarana. 2) Pelaksanaan pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Evaluasi Pembelajaran, meliputi: (a) guru memberikan pengarahan dan petunjuk cara menggunakan program, (b) peserta ujian melakukan login pada program dengan menggunakan username dan password, (c) peserta ujian mengerjakan soal sesuai vi dengan petunjuk, (d) setelah peserta ujian selesai mengerjakan diharuskan untuk logout terlebih dahulu. 3) hasil dari pelaksanaan pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Evaluasi Pembelajaran, meliputi: (a) guru tidak perlu lagi mengoreksi jawaban peserta ujian, karena pengkoreksian secara otomatis dilakukan oleh program, (b) hemat waktu, hasil evaluasi pembelajaran dapat diketahui dengan cepat, (c) menghemat anggaran, karena tidak lagi menggunakan kertas, (d) evaluasi pembelajaran menjadi lebih efektif, efisien dan valid.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 29 Nov 2023 01:32 |
Last Modified: | 29 Nov 2023 01:32 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29898 |
Actions (login required)
View Item |