PENERAPAN PROGRAM PESANTREN NON REGULER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 GLENMORE BANYUWANGI

AKBAR MUHTAZEMI, MUHAMMAD ALI (2017) PENERAPAN PROGRAM PESANTREN NON REGULER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 GLENMORE BANYUWANGI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
MUHAMMAD ALI AKBAR MUHTAZEMI_084 131 281.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pengangkatan tema ini dilatar belakangi oleh kegelisahan seorang pengasuh pondok pesantren yakni KH Muntaha tentang ibadah para siswa yang sekolah di SMAN 1 Glenmore masih banyak yang perlu dibenahi. Selain itu, juga keinginan dari kepala sekolah sendiri yang menginginkan adanya program pesantren non reguler, sebagai salah satu ciri khas sekolah negeri yang berada di dalam lingkungan pesantren. Dengan diterapkannya Program pesantren non reguler pihak sekolah dan pihak pesantren berharap ada peningkatan pengetahuan agamanya. Berdasarkan uraian tersebut penulis tertarik untuk mengangkat judul “Penerapan Program Pesantren Non Reguler Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Glenmore Banyuwangi”. Fokus penelitian pada skripsi ini ada tiga yang disebutkan sebagai berikut. 1.Bagaimana penerapan Program Pesantren Non Reguler aspek Aqidah Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Glenmore Banyuwangi ?. 2. Bagaimana penerapan Program Pesantren Non Reguler aspek Syari’ah Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Glenmore Banyuwangi ?. 3. Bagaimana penerapan Program Pesantren Non Reguler aspek Akhlaq Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Glenmore Banyuwangi?. Sedangkan Tujuan dari penelitian ini adalah. 1. Untuk mendeskripsikan penerapan progam pesantren non reguler aspek aqidah pendidikan agama islam di SMAN 1 Glenmore Banyuwangi. 2. Untuk mendeskripsikan penerapan progam pesantren non reguler aspek syari’ah pendidikan agama islam di SMAN 1 Glenmore Banyuwangi. 3. Untuk mendeskripsikan penerapan progam pesantren non reguler aspek akhlaq pendidikan agama islam di SMAN 1 Glenmore Banyuwangi. Metode penelitian pada skripsi ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan dalam menentukan subyek penelitian, menggunakan teknik purposive. sedangkan metode dalam pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan mengambil sumber data dari kepala sekolah, guru, staf dan peserta didik. Adapun analisa data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi. Dan keabsahan data digunakan adalah trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil yang didapat dari penelitian yang telah dilakukan di SMAN 1 Glenmore adalah 1. Dengan adanya penerapan program pesantren non reguler, siswa dapat lebih meningkatkan tentang ketauhidannya, Karena dalam kegiatan program tersebut siswa diajari kitab aqidatul awwam. 2. Secara tidak langsung para siswa meningkat ibadahnya terutama terkait dengan sholat berjama’ah. Karena didalam program pesantren non reguler siswa wajib mengikuti sholat berjama’ah lima waktu. 3. Penerapan program pesantren non reguler sangat berpengaruh dalam pembentukan akhlaq para siswa. Karena didalam program itu siswa diajari sebagaimana hidup ala santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 29 Nov 2023 02:01
Last Modified: 29 Nov 2023 02:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29899

Actions (login required)

View Item View Item