“Fenomena Penggunaan Aplikasi al-Qur’an Berbasis Android sebagai Sarana untuk Menghafal al-Qur’an pada Mahasiswa Ushuluddin, Adab dan Humaniora IAIN Jember”

ali badri, muhammad (2019) “Fenomena Penggunaan Aplikasi al-Qur’an Berbasis Android sebagai Sarana untuk Menghafal al-Qur’an pada Mahasiswa Ushuluddin, Adab dan Humaniora IAIN Jember”. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Muhammad Ali Badri_082132033.pdf

Download (12MB)

Abstract

Pengangkatan tema ini berawal dari banyaknya mahasiswa yang menggunakan Smartphone mereka sebagai salah satu kebutuhan yang tidak bisa dikesampingkan sebagai seorang Akademisi, khususnya di daerah Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora yang kebanyakan adalah para penghafal al-Qur’an. Dan ternyata para mahasiswa ini memiliki kelebihan tersendiri dalam pengaplikasian sebuah smartphone-nya yakni dengan menghafal al-Qur’an menggunakan aplikasi yang ada pada masing-masing ponsel pintar mereka. Di lain sisi pada fakultas ini salah satu jurusannya memiliki mata kuliah untuk menghafal al-Qur’an yakni Jurusan Ilmu al-Qur’an dan Tafisr (IAT) yang membuat para mahasiswanya dituntut untuk membaca dan menghafal al-Qur’an lebih banyak dari Jurusan atau bahkan fakultas lainnya. Berdasarkan fenomena tersebut maka diangkatlah judul “Fenomena Penggunaan Aplikasi al-Qur’an Berbasis Android sebagai Sarana untuk Menghafal al-Qur’an pada Mahasiswa Ushuluddin, Adab dan Humaniora IAIN Jember”. Fokus Penelitian pada skripsi ini ada tiga yang disebutkan sebagai berikut. 1. Bagaimana mahasiswa Ushuluddin, Adab dan Humaniora IAIN Jember menghafal alQur’an dengan menggunakan aplikasi al-Qur’an berbasis Android? 2. Bagaimana pemahaman mahasiswa Ushuluddin, Adab dan Humaniora IAIN Jember terhadap proses penggunaan aplikasi al-Qur’an berbasis Android? 3. Apa yang mempengaruhi mahasiswa Ushuluddin, Adab dan Humaniora IAIN Jember sehingga menggunakan aplikasi al-Qur’an berbasis Android sebagai media untuk menghafal? Sedangkan tujuan skripsi ini adalah sebagai berikut: 1. Untuk mengetahui aplikasi al-Qur’an yang seperti apakah yang biasa mahasiswa Ushuluddin, Adab dan Humaniora IAIN Jember gunakan dalam menghafal al-Qur’an. 2. Untuk mengetahui pemahaman dan proses penggunaan Aplikasi al-Qur’an berbasis Android. 3. Untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi mahasiswa sehingga mereka menggunakan aplikasi al-Qur’an berbasis Android sebagai media untuk menghafal. Metode penelitian pada skripsi ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan dalam menentukan subyek penelitian, menggunakan teknik purposive. sedangkan metode dalam pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan mengambil sumber data dari mahasiswa-mahasiswi jurusan Ilmu al-Qur’an dan Tafsir (IAT). Adapun analisa data dalam penelitian ini yaitu Analisis Data dan Fenomenologi. Dan keabsahan data digunakan adalah trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Subjek penelitian lebih condong menggunakan aplikasi al-Qur’an berbasis Android sebagai pelengkap serta penunjang dari menghafal al-Qur’an dari pada al-Qur’an fisik karena dirasa lebih simple dan banyak fiturfitur yang menarik. Hal ini tanpa mengurangi keutamaan Kalamullah al-Qur’an yang pastinya juga di gunakan oleh mereka para mahasiswa dari Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 29 Nov 2023 02:01
Last Modified: 29 Nov 2023 02:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29901

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item