STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI DALAM PERSPEKTIF ISLAM UNTUK MENINGKATKAN MINAT MENABUNG SERTA LOYALITAS NASABAH DI BANK MUAMALAT INDONESIA KANTOR CABANG PEMBANTU SITUBONDO. T

Asmito, Mr (2020) STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI DALAM PERSPEKTIF ISLAM UNTUK MENINGKATKAN MINAT MENABUNG SERTA LOYALITAS NASABAH DI BANK MUAMALAT INDONESIA KANTOR CABANG PEMBANTU SITUBONDO. T. Masters thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
A S M I T O_0839216009.pdf

Download (11MB)

Abstract

Kata Kunci : Strategi, Kualitas Pelayanan, Promosi Islami, Loyalitas dan Nasabah. Perkembangan bank syariah di Indonesia dimulai sejak terbitnya Undangundang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan. Undang-undang ini mengenalkan system dual banking (sistem perbankan ganda), yakni sebuah sistem yang membolehkan bank konvensional dan bank syariah untuk beroperasi secara berdampingan. Pada tahun 1992 berdiri Bank Muamalat Indonesia sebagai bank syariah pertama di Indonesia. Sistem dual banking semakin dipertegas setelah adanya amandemen atas undang-undang perbankan, menjadi undang-undang Nomor 10 tahun 1998. Di dalamnya dinyatakan dengan lugas bahwa bank diperbolehkan beroperasi berdasarkan prinsip syariah. Di bagian lain, bank konvensional diijinkan untuk membuka Unit Usaha Syariah (UUS). Untuk mengimbangi dinamika tantangan persaingan, Bank Muamalat Indonesia Cabang pembantu Situbondo terus berupaya meningkatkan kualitas layanan dan strategi promosinya sebagai bank syariah pertama di kota Situbondo, Bank muamalat Situbondo telah mengembangkan beberapa produk-produk syariah yang bermanfaat bagi masyarakat. Dari diskripsi di atas memunculkan fokus penelitian sebagai berikut : (1) Bagaimana strategi peningkatan kualitas pelayanan Islami yang diterapkan Bank Muamalat Indonesia Situbondo untuk meningkatkan minat menabung dan loyalitas nasabah pada BMISitubondo?, (2) Bagaimana strategi promosi Islami yang diterapkan Bank Muamalat Indonesia Situbondo untuk meningkatkan minat menabung dan loyalitas nasabah pada Bank Muamalat Indonesia Situbondo? Untuk menjawab dua masalah tesebut peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Pendekatan penelitian yang akan digunakan adalah pendekatan lapangan (field research), peneliti melihat mutu dan kualitas yang diteliti. Konklusi dalam penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa : untuk menjadikan nasabah loyal serta menarik masyarakat luas untuk menabung di Bank Muamalat Indonesia Cabang Pembantu Situbondo, pihak perbankan melakukan berbagai inovasi. Dengan meningkatkan kualitas pelayanan yang bersifat Islami, seperti menjaga sikap, berpenampilan menarik sesuai dengan SOP perusahaan serta meningkatkan skill karyawan. Selain itu, Bank Muamalat Indonesia Situbondo diantaranya menyediakan fasilitas-fasilitas fisik seperti : peralatan/sarana-prasarana, hingga penampilan pegawai sudah patut dan sesuai. Menggerakkan frontliner untuk lebih proaktif dalam melayani nasabah dengan menerapkan 3S (Senyum, Salam, Sapa). Untuk menarik minat masyarakat luas untuk menabung di Bank Muamalat Indonesia Cabang Pembantu Situbondo, pengelola perusahaan tanpa henti melakukan langkah-langkah promosi secara vi eksklusif, diantaranya : periklanan dengan memasang billboard (papan nama) di jalan-jalan strategis, promosi penjualan atau sales promotion melalui pemberian hadiah pada para nasabah yang membuka rekening, bahkan kini seiring perkembangan zaman, diwajibkan bagi karyawannya untuk mengupdate status Whatsapp yang kontensnya telah didapat dan atau disetujui pihak Bank Muamalat Indonesia pusat. Muara usaha-usaha dimaksud tentu diharapkan menjadi media publikasi sehingga pada akhirnya dapat memacu pertumbuhan jumlah nasabah dari tahun ke tahun. Tindakan lain juga sering memanfaatkan kala digelar kegiatan-kegiatan yang menarik kehadiran massa, baik berbentuk pengajian, hiburan masyarakat, pameran, bakti social serta kegiatan lainnya. Terakhir melalui media personal selling yang dijalankan oleh tenaga pemasaran (pegawai bank) dan sales force ekskutive (part time). Hasil analisa yang diperoleh dalam penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi merupakan konsep awal yang sangat dibutuhkan dan dipersiapkan dengan matang agar produk-produknya mampu menempati hati para konsumen atau nasabah tanpa henti dilakukan dengan berbagai inovasinya, strategi yang kini tengah marak adalah word of mouth (WOM), yaitu salah satu bentuk komunikasi produk atau jasa yang dilakukan oleh pihak-pihak independen penyedia barang atau jasa. Dialog berisitestimoni termasuk salah satunya. Misalnya seseorang merekomendasikan suatu produk yang pernahdibeli/digunakan dengan berbicara langsung kepada orang sekelilingnya ataupun melalui telepon. Kualitas pelayanan dan promosi yang Islami sangat menarik simpati warga Situbondo yang mayoritas beragama Islam. Perangai yang sopan juga santun, tutur bahasa yang lemah lembut, penampilan yang rapi dan tidak mengumbar aurat, ketersediaan tempat yang asri juga sejuk membuat orang nyaman dan betah menerima pelayanan dari karyawan. Langkah berikutnya, gambar atau simbol menggunakan yang tidak melampaui batas-batas ketentuan/sesuai, memilih bahasa yang simpel, ditempatkan pada posisi-posisi strategis, memanfaatkan momen-momen yang tepat, menyediakan souvenir yang awet dan tidak mudah pecah, menjanjikan hadiah-hadiah bagi yang beruntung, memberi dan mengisi pelatihan untuk organisasi-organisasi kemasyarakatan tak terkecuali di lingkungan akademisi. Dengan usaha-usaha itu semua, maka Bank Muamalat Indonesia Situbondo jumlah nasabahnya terus mengalami peningkatan. Dengan demikian, kualitas pelayanan terhadap nasabah dan promosi dapat menghasilkan pertambahan minat menabung dan kebetahan menjadi nasabah atau loyal untuk terus menjadi nasabah yang setia pada Bank Muamalat Indonesia Situbondo.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 29 Nov 2023 02:01
Last Modified: 29 Nov 2023 02:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29902

Actions (login required)

View Item View Item