Implementasi Manajemen Humas dalam pemasaran Pendidikan di SMK Roudlotul Ulum Randuagung Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2015-2016.

SALIM, M. HUDAIFA (2016) Implementasi Manajemen Humas dalam pemasaran Pendidikan di SMK Roudlotul Ulum Randuagung Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2015-2016. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
M. HUDAIFA SALIM_0849113057.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Manajemen Humas, Pemasaran dan Pendidikan. Persaingan dalam dunia pendidikan menjadi tidak terelakkan lagi, banyak lembaga pendidikan yang ditinggalkan oleh pelanggannya sehingga dalam beberapa tahun ini banyak terjadi dari beberapa lembaga pendidikan. Kemampuan warga sekolah dan administrator dalam memahami pemasaran pendidikan menjadi prasyarat dalam mempertahankan dan meningkatkan pertumbuhan lembaganya. Peneliti ingin mengetahui bagaimana cara seorang Waka Humas dalam memasarkan sekolah agar supaya lembaga sekolah mampu menarik siswa sebanyak mungkin dan juga mampu membuat lulusan yang mampu bersaing agar memperoleh peluang kerja. Berangkat dari persoalan diatas, fokus masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan manajemen humas dalam memasarkan pendidikan? 2) Bagaimana pelaksanaan manajemen humas daam memasarkan pendidikan?. 3) bagaimana Pengawasan dan evaluasi yang dilakukan manajemen humas dalam memasarkan pendidikan di SMK Roudlotul Ulum Randuagung? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan proses perencanaan manajemen humas dalam memasarkan pendidikan? 2) Mendeskripsikan proses pelaksanaan manajemen humas daam memasarkan pendidikan?. 3) Mendeskripsikan proses Pengawasan dan evaluasi yang dilakukan manajemen humas dalam memasarkan pendidikan di SMK Roudlotul Ulum Randuagung? Penelitian ini melalui tahapan prosedur penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Sedangkan pengumpulan data dengan metode observasi, interview dan dokumentasi. Dalam analisa data, peneliti menggunakan prosedur reflektif dan diuji validitas datanya dengan metode triangulasi data. Hasil temuan penelitian yang dilaksanakan di SMK Roudlotul Ulum Randuagung meliputi: 1. Perencanaan Program Humas. a) Penetapan tujuan program humas - proses penentuan tim dan job description (Organization). - Menetapkan tujuan pada setiap program yang dirancang. b) Tahapan-tahapan dalam program humas. - Perencanaan dalam pemasaran. - Kegiatan dalam perencanaan. -Tahapan-tahapan dalam perencanaan. 2. Pelaksanaan Program Humas. a) langkah-langkah dalam melaksanakan program humas. - proses pengarahan dari pimpinan. - pemilihan metode dan tekhnik dalam proses pelaksanaan. b) tekhnik dan cara pelaksanaan program. -tekhniknya dengan komunikasi langsung kepada sasaran yaitu calon siswa dan juga wali murid. - mengenalkan lembaga sekolah melalui media elektronik dan media cetak. - Kerja sama dengan dinakertrans dalam pembentukan BKK. 3. Evaluasi Pelaksanaan Program Humas a) Proses Pengawasan dalam setiap proses pelaksanaan program. - Pemberian motivasi terhadap bawahan. - Memastikan proses berjalan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. b) Proses evaluasi setelah selesai kegiatan. - Setiap akhir kegiatan membuat LPJ dan iii dirapatkan dengan tim. - Melakukan evaluasi akhir terhadap program yang telah dilakukan mulai awal samapai akhir kegiatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 29 Nov 2023 03:11
Last Modified: 29 Nov 2023 03:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29906

Actions (login required)

View Item View Item