PERANAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KARAKTER ANAK USIA DINI DI POS PAUD ASTER 51 MANGLI KALIWATES JEMBER

Hasanah, Fatimatul Cinta (2023) PERANAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KARAKTER ANAK USIA DINI DI POS PAUD ASTER 51 MANGLI KALIWATES JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI FATIMATUL CINTA HASANAH T20195013 PIAUD WATERMARK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pola asuh orang tua dalam kesehariannya mendidik anak akan mempengaruhi karakter anak tersebut, karena anak usia dini dalam masa tumbuh kembangnya sangat membutuhkan bimbingan dan contoh dari orang tua. Keberadaan anak usia dini sangat krusial, karena masing-masing anak akan mengalami masa golden age (masa emas) sekali seumur hidup dan secara signifikan. Namun sayangnya pola asuh orang tua pada anak-anak kerap kali tidak memperhatikan dampak yang akan dialami oleh anak kedepannya seperti ketika sedang mengasuh, orang tua membiarkan anak bermain dan bereksplorasi sendiri tanpa adanya pendampingan dari orang tua, lalu adanya bentakan, teriakan hingga pukulan yang jika hal terse-but dalam kesehariannya dilakukan terus menerus kepada anak maka akan mempengaruhi karakter anak tersebut hingga dewasa.
Fokus penelitian ini yakni 1) Bagaimana Peranan Pola Asuh Otoriter Orang Tua terhadap Karakter Anak Usia Dini di Pos Paud Aster 51 Mangli Kaliwates Jember? 2) Bagaimana Peranan Pola Asuh Demokratis Orang Tua ter-hadap Karakter Anak Usia Dini di Pos Paud Aster 51 Mangli Kaliwates Jember?
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan peranan pola asuh orang tua otoriter 2) Mendeskripsikan peranan pola asuh orang tua demokratis yang diterapkan oleh orang tua terhadap karakter anak usia dini di Pos Paud As-ter 51 Mangli Kaliwates Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik penentuan subyek penelitiannya menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, serta teknik dokumentasi. Teknik analisis data nya menggunakan model analisis interaktif Miles, Hubberman dan Saldana dengan langkah-langkahnya adalah a) Kondensasi data. b) Penyajian data. c) Menarik kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data nya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan (1) pola asuh otoriter orang tua terhadap karakter anak usia dini terjadi karena adanya faktor dari kepribadian orang tua yang kerap sekali emosi dan berlanjut memberikan tekanan secara ver-bal, selalu tidak sabar dan tidak puas dengan yang dilakukan oleh anak dan kerap juga mengatur anak tanpa memikirkan perasaan anak bahkan tidak segan untuk menghukum anak seperi mencubit apabila anak bertindak tidak sesuai dengan kehendak orang tua (2) pola asuh demokratis orang tua terhadap karak-ter anak usia dini terjadi karena faktor kepribadian orang tua juga namun beda nya yakni orang tua yang memiliki sikap terbuka kepada anaknya dan juga memberikan ruang kepada anak untuk mengutarakan pendapatnya. Pada akhirn-ya karakter yang dimiliki oleh masing-masing anak terlihat jelas perbedaannya dari pola asuh yang diperoleh dari orang tua nya.

Kata kunci: Pola asuh orang tua, karakter anak usia dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Fatimatul Cinta Hasanah
Date Deposited: 30 Nov 2023 04:07
Last Modified: 30 Nov 2023 04:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29908

Actions (login required)

View Item View Item