implementasi program pengabdian sebagai pengembangan kompetensi lulusan di madrasatul muallimat al islamiyah baitul arqom balung jember

kudsiyah, kudsiyah (2023) implementasi program pengabdian sebagai pengembangan kompetensi lulusan di madrasatul muallimat al islamiyah baitul arqom balung jember. Undergraduate thesis, universitas islam neger kiai haji achmad siddiq jember.

[img] Text
SKRIPSI KUDSIYAH WATERMARK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pondok Pesantren Baitul Arqom Balung Jember merupakan lembaga pendidikan yang memiliki program pengabdian, karena hal tersebut merupakan salah satu kurikulum Pondok Pesantren Baitul Arqom Balung Jember, pengabdian ini penting untuk dilaksanakan supaya dapat membantu santriwati dalam hal berbicara serta bisa bertanggung jawab atas tugas-tugas yang ditetapkan dalam lembaga pendidikan.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana pelaksanaan program pengabdian sebagai pengembangan kompetensi lulusan di Madrasatul Muallimat Al Islamiyah Baitul Arqom Balung Jember? 2) bagaimana evaluasi program pengabdian sebagai pengembangan kompetensi lulusan di Madrasatul Muallimat Al Islamiyah Baitul Arqom Balung Jember?
Tujuan penelitian ini: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan program pengabdian sebagai pengembangan kompetensi lulusan di Madrasatul Muallimat Al Islamiyah Baitul Arqom Balung Jember. 2) Mendeskripsikan evaluasi program pengabdian sebagai pengembangan kompetensi lulusan di Madrasatul Muallimat Al Islamiyah Baitul Arqom Balung Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya dilakukan dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dengan triangulasi Teknik dan triangulasi sumber.
Kesimpulan bahwa: 1) pelaksanaan program pengabdian sebagai pengembangan kompetensi lulusan di Madrasatul Muallimat Al Islamiyah Baitul Arqom Balung Jember, ini yang dilaksanakan oleh pengabdian untuk melatih bahasa santriwati dalam berbicara serta membantu para guru atau pengajar dalam kegiatan belajar mengajar, dan melaksanakan tugas-tugas seperti di bagian administrasi, madrasah, pengasuhan dan dapur. 2) evaluasi program pengabdian sebagai pengembangan kompetensi lulusan di Madrasatul Muallimat Al Islamiyah Baitul Arqom Balung Jember, adalah mengevaluasi tentang efektif tidak efektifnya kegiatan belajar mengajar, serta memberikan solusi kepada pengabdian yang memiliki kendala atau hambatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kudsiyah Kudsiyah Kudsiyah
Date Deposited: 29 Nov 2023 03:32
Last Modified: 29 Nov 2023 03:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29909

Actions (login required)

View Item View Item