PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-IKHLAS JEMBER

Mardiyanti, Siti febriana (2023) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-IKHLAS JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI SITI FEBRIANA M HARD.pdf

Download (25MB)

Abstract

Penelitian Pengembangan Media Buku Saku Berbasis Mind Mapping ini dilaksanakan karena kurangnya media pada mata pembelajaran Bahasa Indonesia. Khususnya pada materi kalimat kata tanya di SD Al-Ikhlas Jember. Selain itu media Buku Saku dapat memotivasi peserta didik untuk belajar dan mengembangkan sebuah pertanyaan-pertanyaan melalui kalimat kata tanya. Media dalam proses pembelajaran merupakan komponen penting yang dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu media yang dapat digunakan yaitu media buku saku. Pengembangan media buku saku merupakan salah satu media yang dapat menarik perhatian peserta didik khsusnya di kelas IV. Media buku saku di dalamnya berisikan bentuk mind mapping dan percakapan antar tokoh yang menceritakan suatu materi pembelajaran Bahasa Indonesia.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana langkah-langkah pengembangan media buku saku berbasis mind mapping dalam mapel Bahasa Indonesia di kelas IV SD Al-Ikhlas jember ? 2). Bagaimana efektifitas penggunaan media buku saku berbasis mind mapping terhadap peserta didik di kelas IV SD Al-Ikhlas Jember ?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan produk media Buku saku berbasis mind mapping dalam mapel Bahasa Indonesia di kelas IV SD Al-Ikhlas jember. 2) Membuktikan efektifitas media pembelajaran buku saku pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SD Al-Ikhlas jember.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research & Development (R&D). Dengan menggunakan dua jenis data yaitu kulitatif dan kuntitatif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi.
Hasil data menggunakan data analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif pada tahap pengembangan media buku saku berbasis mind mapping pada tahap telah memenuhi kriteria dari uji coba beberapa ahli. Hasil uji coba media menunjukkan tingkan efektifitas 96% ahli materi menunjukkan tingkan kevalidan 86%, peserta didik 78% dan guru 92%. Serta dilihat dari hasil rata-rata nilai pretest dan posttest peserta didik yang dihitung menggunakan rumus N-Gain Score menunjukkan nilai rata-rata 77,310% dari 22 siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mis Siti Febriana Mardiyanti Mardiyanti
Date Deposited: 29 Nov 2023 04:31
Last Modified: 29 Nov 2023 04:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29911

Actions (login required)

View Item View Item