PENGEMBANGAN KOMIK CERITA ANAK PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 2 MIN 5 JEMBER

Firdauzi santoso, Alifil fauzia (2023) PENGEMBANGAN KOMIK CERITA ANAK PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 2 MIN 5 JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas.

[img] Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN KOMIK CERITA ANAK (1) (1) (1).pdf

Download (26MB)

Abstract

Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi. Media pembelajaran mempunyai peran penting dalam proses belajar peserta didik, sebab adanya media dapat menjadikan peserta didik aktif dalam pembelajaran. Namun, Adanya kendala guru menjadikan sebuah media itu dibutuhkan, seperti belum menyesuaikan materi pembelajaran dengan pembuatan media, dan adanya kesulitan dalam pengaturan waktu. Maka dengan itu guru dituntut untuk memiliki keterampilan dan pengetahuan untuk mengembangkan dan memanfaatkan media pembelajaran sebagai inovasi dalam pembelajaran.
Penelitian pengembangan media ini bertujuan: 1. Mengembangkan media pembelajaran menggunakan media komik cerita anak yang menarik dan menyenangkan untuk digunakan sebagai media pembelajaran agar siswa dapat termotivasi untuk mengembangkan minat dan keterampilan membaca siswa kelas 2 Min 5 Silo. 2. Mengetahui hasil pengujian produk komik cerita anak, sehingga layak digunaan sebagai media pembelajaran untuk keterampilan membaca pada pelajaran bahasa indonesia kelas 2 Min 5 Silo.
Penelitian ini menggunakan Metode penelitian atau Research And Development (R&D), memiliki tujuan untuk mengembangkan sebuah produk dan Penelitian ini menggunakan model ADDIE, yang mana terdapat lima langkah yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi.
Analisis kelayakan dibuktikan dengan hasil kevalidan yang berdasarkan pada hasil validasi para ahli, ahli yang digunakan analisis data ini adalah ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis dari 3 validator diperoleh presentase nilai rata-rata sebesar 91% . Hasil validitas ini menunjukkan bahwa media komik layak digunakan dalam pembelajaran, dengan hasil uji coba pengguna kelompok kecil dan kelompok besar adalah 96% dan 97%, sehingga dengan presentase perbandingan ini maka media komik sudah memenuhi kriteria layak digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Depositing User: Mis Alifil fauzia firdauzi Santoso
Date Deposited: 29 Nov 2023 04:37
Last Modified: 29 Nov 2023 04:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29912

Actions (login required)

View Item View Item