Pengembangan Media Spinning Wheel Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Kata Tanya Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember

Sholekah, Devi Mar'atus (2023) Pengembangan Media Spinning Wheel Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Kata Tanya Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI DEVI 2.pdf

Download (20MB)

Abstract

Kata Kunci: Media Spinning Wheel, Kata Tanya Bahasa Indonesia.

Berdasarkan observasi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember yang disampaikan oleh wali kelas III Walisongo bahwa dibutuhkan pengembangan media pembelajaran sebagai alat bantu guru dalam menyampaikan materi kepada peserta didik dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan peserta didik yang memudahkan dalam memahami materi kata tanya mata pelajaran bahasa indonesia. Maka dibutuhkan sebuah media pembelajaran seperti media Spinning Wheel.
Rumusan masalah ini 1) Bagaimana pengembangan media pembelajaran Spinning Wheel pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Kata Tanya kelas III MIN 2 Jember?, 2) Bagaimana kelayakan media pembelajaran Spinning Wheel pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi kata tanya kelas III MIN 2 Jember. Tujuan penelitian dan pengembangan ini untuk: (1) Mengetahui pengembangan media pembelajaran Spinning Wheel pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Kata Tanya kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember, (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran Spinning Wheel pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Kata Tanya kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember.
Penelitian ini menggunakan Metode penelitian atau Research And Development (R&D), memiliki tujuan untuk mengembangkan sebuah produk dan Penelitian ini menggunakan model ADDIE, yang mana terdapat lima langkah yaitu analisis, desain, development, implementation, evaluation.
Hasil penelitian dan pengembangan media ini menunjukkan jika 1) Produk yang dihasilkan dari pengembangan media ini adalah media Spinning Wheel pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi kata tanya kelas III di MIN 2 Jember. 2) Hasil kelayakan dijadikan sebagai acuan sebelum media diujicobakan. Proses untuk mengetahui kelayakan adalah dengan uji validasi, uji validasi dilakukan oleh 3 validtor, yaitu validasi media sebesar 92,5%, validasi materi 100% dan validasi pembelajaran 95%. Rata-rata hasil presentasi validasi oleh 3 validator diperoleh nilai rata-rata 96% yang artinya media spinning wheel dikategorikan sangat valid atau layak digunakan. Kelayakan media spinning wheel melalui hasil uji coba pengguna, dapat disimpulkan bahwa tingkat ketertarikan media melalui persentase kelas III, dengan hasil uji coba adalah 94,5%, sehingga dengan presentase ini maka media spinning wheel sudah memenuhi kriteria layak digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Devi Mar'atus Sholekah
Date Deposited: 30 Nov 2023 06:33
Last Modified: 30 Nov 2023 06:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29919

Actions (login required)

View Item View Item