Pengembangan Media Pembelajaran Permainan MOCA (Monopoli Pancasila) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Ulum Darungan Tanggul Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Febriyanti, Bella Umro Isyah (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Permainan MOCA (Monopoli Pancasila) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Ulum Darungan Tanggul Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi BELLAAA fix (1).pdf

Download (25MB)

Abstract

Kata Kunci: Pengembangan media pembelajaran, Monopoli Pancasila, Pendidikan Pancasila.

Penggunaan media dalam pembelajaran dapat mengatasi keberagaman gaya belajar peserta didik, mempermudah guru dalam memaparkan pesan serta menimbulkan semangat peserta didik dalam belajar. Dapat dikatakan peserta didik tingkat sekolah dasar masih gemar bermain, maka dari itu pembelajaran harus memberikan suasana bermain tanpa mengabaikan tujuan belajar. Salah satunya dapat ditempuh dengan pembelajaran berbasis permainan. Pengembangan media permainan MOCA (monopoli pancasila) sebagai media pembelajaran yang menyenangkan dapat meningkatkan minat peserta didik untuk belajar sekaligus melatih peserta didik untuk bekerja sama dengan peserta didik lainnya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini: (1) Bagaimana pengembangan media pembelajaran permainan MOCA (Monopoli Pancasila) pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Ulum Darungan Tanggul Jember Tahun 2023/2024, (2) Bagaimana kelayakan media pembelajaran permainan MOCA (Monopoli Pancasila) pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Ulum Darungan Tanggul Jember Tahun 2023/2024.
Berdasarkan hal tersebut penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengembangan media pembelajaran permainan MOCA (Monopoli Pancasila) pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Ulum Darungan Tanggul Jember Tahun 2023/2024, (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran permainan MOCA (Monopoli Pancasila) pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Ulum Darungan Tanggul Jember Tahun 2023/2024.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau yang biasa disebut Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan diantaranya: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek pada penelitian ini ialah peserta didik kelas V di MI Raudlatul Ulum Darungan Tanggul Jember dengan jumlah peserta didik sebanyak 16 orang.
Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan (1) Produk yang dihasilkan dari pegembangan media ini adalah media pembelajaran permainan MOCA (monopoli pancasila) pada mata pelajaran pendidikan pancasila kelas V Bab 1 tentang Pancasila dalam Kehidupanku (2) Hasil kelayakan media dibuktikan dengan hasil kevalidan yang berdasarkan pada hasil validasi para ahli yaitu validasi dari ahli media sebesar 95%, validasi ahli materi sebesar 92,5%, dan validasi dari ahli pembelajaran sebesar 84%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Depositing User: Miss Bella Umro Isyah Febriyanti
Date Deposited: 30 Nov 2023 06:34
Last Modified: 30 Nov 2023 06:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29920

Actions (login required)

View Item View Item