Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Dalam Perjanjian Klausula Baku atas Jasa Parkiran Di Pasar Mumbul Sari Jember (Perspektif UU NO. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Dan Fiqih Muamalah)”

MAIDONFIK, Mr (2018) Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Dalam Perjanjian Klausula Baku atas Jasa Parkiran Di Pasar Mumbul Sari Jember (Perspektif UU NO. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Dan Fiqih Muamalah)”. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
MAIDONFIK_083 142 021.pdf

Download (5MB)

Abstract

Dalam konteks perlindungan Hukum, maka konsumen yang telah jasa parkiran mempunyai hak untuk sebuah perlindungan yang dalam hal ini tertera dalam undang-undang No. 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen adalah adanya suatu kepastian hukum terhadap segala kebutuhan hak yang dimiliki oleh konsumen. Hak ini meliputi hak segala upaya yang berdasarkan hukum untuk memberdayakan konsumen memperoleh atau menentukan pilihan atas jasa kebutuhan serta mempertahankan hak-haknya apabila dirugikan oleh petugas parkir atau pelaku usaha. Padahal dalam undang-undang dan fiqih muamalah tersebut serangkaian hak yang menjadi milik konsumen telah diatur secara jelas dan tegas. Kurangnya kesadaran petugas parkir inilah yang menyababkan hak-hak konsumen sring terabaikan oleh petugas parkir atau pelaku usaha sendiri. Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu 1) Bagaimana pelaksanaan perlindungan hukum bagi konsumen dalam perjanjian klausula baku atas jasa parkiran di pasar Mumbul Sari Jember.? 2) Bagaimana perspektif UndangUndang Nomor 8 Tahun 1999 terhadap perlindungan hukum bagi konsumen dalam perjanjian klausula baku atas jasa parkiran di pasar Mumbul Sari Jember? 3) Bagaimana perspekitif fiqih Muamalah terhadap perlindungan hukum bagi konsumen dalam perjanjian klausula baku atas jasa parkiran di pasar Mumbul Sari Jember? Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif. Subyek penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumenter. Penelitian ini menggunakan langkah-langkah penelitian fenomenologis dan analisis data model Miles dan Huberman, sedangkan untuk menentukan keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi tehnik Hasil penelitian yang dilakukan yaitu 1) petugas parkir memberikan pelayanan yang baik pada konsumen supaya konsumen nyaman memarkirkan kendaraannya di pasar dan merasa tidak dirugikan ketika memarkirkan kendaraannya parkiran yang telah disediakan. 2) Dalam Undang-undang No. 8 tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Mengenai larangan pencantuman klausula baku, Pasal 18 Undang-undang No. 8 Tahun 1999 Dalam kegiatan yang dilalukan oleh petugas parkir masih belum sesuai dengan undang-undang yang ada karena petugas parkir membuat peraturan sendiri tanpa memperhatikan peraturan undang-undang. 3) Berdasarkan fiqih muamalah pemilik jasa parkiran dalam kegiatan yang dilakukan oleh pemilik jasa parkir itu belum sesuai dengan syarat dan ketentuan al-wadi’ah yang semestinya tetapi inti kegiatannya samasama menitipkan barang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180105 Commercial and Contract Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 30 Nov 2023 01:15
Last Modified: 30 Nov 2023 01:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29922

Actions (login required)

View Item View Item