Peran Tokoh Masyarakat dalam Sosialisasi Penerapan Undang-Undang No 1 Tahun 1974 di Desa Tegalsono, Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo.

HASYIM, M. (2017) Peran Tokoh Masyarakat dalam Sosialisasi Penerapan Undang-Undang No 1 Tahun 1974 di Desa Tegalsono, Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
M. HASYIM_083 121 072.pdf

Download (2MB)

Abstract

Persoalan yang terjadi selama ini adalah ketidakfahaman masyarakat desa mengenai Undang-Undang No 1 Tahun 1974 Tentang perkawinan sehingga pola fikir masyarakat tidak terlalu memikirkan peraturan-peraturan perkawinan yang di atur dalam Undang-Undang No 1 Tahun 1974 yang berada dalam Negara kita Indonesia. Kehidupan yang dijalani oleh masyarakat desa mulai lupa pada kodrat awalnya sebagai ciptaan Tuhan yang Maha Esa yang harus selalu tunduk dan mematuhi tata aturan yang sudah di tetapkan oleh Negara Indonsia namun persoalan hukum selama ini masyarakat desa mulai pula melupakannya. Oleh karena itu untuk menjembatani pola fikir dan juga ketidakfahaman yang alami oleh masyarakat desa maka dibutuhkan pengaruh tokoh masyarakat desa untuk menghapus hal tersebut. Tokoh masyarakat dianggap orang yang lebih mengetahui tentang peraturan-peraturan dalam menjalani kehidupan sosialnya yang diharapkan bisa merubah pola fikir dan ketikfahaman masyarakat desa. Fokus penelitian adalah bagaimana peran tokoh masyarakat dalam sosialisasi penerapan Undang-Undang No 1Tahun 1974. Apa faktor penghambat sosialisasi Undang-Undang No 1 Tahun1974 Tentang perkawinan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar peran tokoh masyarakat dalam sosialisasi penerapan UU No 1 Tahun 1974, untuk mengetahui penghambat faktor faktor tokoh masyarakat dalam sosialisasi penerapan UU No 1 tahun 1974. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian yang dijadikan objek adalah Desa Tegalsono, Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo. Adapun Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, yang diolah dan diperiksa dengan menggunakan teknik triangulasi untuk pengecekan keabsahan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) Tokoh masyarakat berperan dengan memberikan arahan, bimbingan serta mencarikan solusi yang terbaik terhadap masyarakat desa dengan cara sosialisasi cultural dan personal; (2) Hambatan tokoh masyarakat dalam memberikan arahan, bimbingan dan solusi karena kurangnya antusias dan kerjasama dari masyarakat desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180111 Environmental and Natural Resources Law
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 30 Nov 2023 01:22
Last Modified: 30 Nov 2023 01:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29923

Actions (login required)

View Item View Item