Analisis Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis siswa Pada Soal Lingkaran di SMPN 5 Bondowoso

Aini, Nor (2023) Analisis Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis siswa Pada Soal Lingkaran di SMPN 5 Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
revisi sidang skripsi aini.pdf

Download (28MB)

Abstract

Nor Aini,2023;Analisis Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematis
Siswa Soal Lingkaran di SMPN 5 Bondowoso.
Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah menggunakan
penalaran pada pola dan sifat, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan
pernyataan matematika serta mengkomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel,
diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah. Kemampuan
penalaran adalah proses ataupun aktivitas berpikir yang diadopsi untuk
menghasilkan atau membuat suatu pernyataan yang benar dalam bentuk
kesimpulan. Sedangkan kemampuan komunikasi matematis merupakan bahasa
bagi siswa dalam berkomunikasi untuk memperoleh informasi, membagi pikiran,
penemuan, saling berpendapat, menilai dan mempertajam ide untuk meyakinkan
orang lain, karena melalui komunikasi akan terlihat sejauh mana siswa
mengeksplorasi pemikiran dan pemahaman mereka terhadap pembelajaran
matematika. Kemampuan keduanya saling berkaitan sehingga peneliti mengambil
kedua kemampuan tersebut dalam penelitian ini.
Dari uraian diatas maka fokus penelitian ini adalah 1). Bagaimana
kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa tingkat tinggi pada materi
lingkaran di SMPN 5 Bondowoso? 2). Bagaimana kemampuan penalaran dan
komunikasi matematis siswa tingkat sedang pada materi lingkaran di SMPN 5
Bondowoso? 3). Bagaimana kemampuan penalaran dan komunikasi matematis
siswa tingkat rendah pada materi lingkaran di SMPN 5 Bondowoso?
Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian kualitatif adalah prosedur
penelitian yang menghasilkan data dengan cara mengkaji data di lapangan dan
menganalisisnya dengan berbagai teori yang ada hubungannya dengan judul.
Alasan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif
adalah, karena peneliti bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan alamiah
siswa. Kemampuan alamiah siswa yang akan dideskripsikan pada penelitian ini
adalah kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa. Untuk
memecahkan masalah penelitian
Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah subjek dengan kemampuan
penalaran dan komunikasi matematis tinggi dan sedang mampu memenuhi semua
indikator kemampuan penalaran dan komunikasi matematis yakni menyajikan
pernyataan matematika secara tertulis, gambar, dan diagram, mengajukan dugaan
melalui pemilihan rumus atau definisi, melaksanakan perhitungan berdasarkan
aturan atau rumus tertentu, menyusun bukti, memberikan alasan terhadap jawaban
yang diberikan dan menarik kesimpulan dari pernyataan. Sedangkan subjek
dengan kemampuan penalaran dan komunikasi matematis rendah kurang mampu
memenuhi dua indikator yakni tahapan mengajukan dugaan melalui pemilihan
rumus atau definisi dan tahapan melaksanakan perhitungan berdasarkan aturan
atau rumus tertentu. Meskipun demikian subjek dengan kemampuan penalaran
dan komunikasi matematis rendah mampu memenuhi indikator lainnya.
Kata kunci : analisis, kemampuan penalaran dan komunikasi, lingkaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010111 Real and Complex Functions (incl. Several Variables)
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010201 Approximation Theory and Asymptotic Methods
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010204 Dynamical Systems in Applications
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010207 Theoretical and Applied Mechanics
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010299 Applied Mathematics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs Nor Aini
Date Deposited: 04 Dec 2023 07:41
Last Modified: 04 Dec 2023 07:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29929

Actions (login required)

View Item View Item