Analisis Perbandingan Strategi Meningkatkan JumlahNasabah Di BMT UGT Sidogiri Dan BMT NU(Studi Kasus BMTUGT Sidogiri Cabang Pembantu Kalisat Dan BMT NU Cabang Kalisat Kabupaten Jember)

MAHBUBI, FADLAN (2017) Analisis Perbandingan Strategi Meningkatkan JumlahNasabah Di BMT UGT Sidogiri Dan BMT NU(Studi Kasus BMTUGT Sidogiri Cabang Pembantu Kalisat Dan BMT NU Cabang Kalisat Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
FADLAN MAHBUBI_083 122 015.pdf

Download (5MB)

Abstract

Baitul Maal Wat Tamwil atau yang sering kita kenal dengan BMT merupakan suatu Lembaga Keuangan Mikro Syariah Non Bank yang hadir di tengah-tengah masyarakat saat ini. Dalam operasional usahanya hampir mirip dengan perbankan yaitu melakukan kegiatan penghimpunan dana dalam bentuk simpanan dan menyalurkan dana dalam bentuk pembiayaan, serta memberikan jasa pada dasarnya merupakan pengembangan dari konsep ekonomi dalam Islam terutama dalam bidang keuangan. Istilah BMT adalah penggabungan dari Baitul Maal dan Baitul Tamwil.Baitul Maal adalah lembaga keuangan yang berkegiatan mengelola dana yang bersifat nirlaba (sosial). Sumber dana diperoleh dari zakat, infaq, sedekah, atau sumber lain yang halal. Sedangkan Baitul Tamwil adalah lembaga keuangan yang berkegiatan menghimpun dana dan menyalurkan dana masyarakat serta bersifat profite motive. Penghimpunan dana diperoleh melalui simpanan pihak ketiga dan penyalurannya dilakukan dalam bentuk pembiayaan atau investasi, yang dijalankan berdasarkan prinsip syari’at. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Kalisat dan BMT NU Cabang Kalisat dalam upayameningkatkan jumlah nasabah. 2) Bagaimana perbandingan peningkatan jumlah nasabah dari BMT UGT Sidogiri dan BMT NU Cabang Kalisat. 3) Bagaimana analisis strategi dalam meningkatkan jumlah nasabah antara BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Kalisat dan BMT NU Cabang Kalisat. Penelitian merupakan penelitian kualitatif. Penentuan informan menggunakan teknik purpose sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan komentar.Analisis data menggunakan analisis deskriptif.Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah dalam lembaga keuangan syari’ah, sudah tidak asing lagi yang namanya strategi dalam meningkatkan jumlah nasabah.Dalam halstrategi dalam peningkatan jumlah nasabah yang di lakukan oleh BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Kalisat dan BMT NU Cabang Kalisatyaitu dengan meningkatkan sistem pelayanan, strategi pemasaran produk dan kendala-kendala disetiap lembaga yang meliputi tertib administrasi dan kebutuhan kantor. Selain itu, persaingan diantara kedua lembaga tersebut berjalan dengan baik tanpa menjelek-jelekan lembaga yang lainnya.Di dalam dunia bisnis yang berlandaskan syariah, transparansi adalah termasuk konsep Syariah dalam berbisnis. Dalam hal ini kedua lembaga menjelaskan dan memaparkan produkproduknya ke para nasabah agar mengetahui kelebihan dan kelemahan disetiap produk-produknya serta para nasabah bisa memikirkan produk lembaga apa dan yang mana yang sesuai dengan kebutuhannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 30 Nov 2023 06:34
Last Modified: 30 Nov 2023 06:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29931

Actions (login required)

View Item View Item