Penerapan Layanan Tata Usaha Berbasis Teknologi Informasi dalam Memenuhi Kebutuahn Administrasi Siswa dan Guru di SMKS Addimyati Jenggawah

Nur Fadila, Anisa Fitri (2023) Penerapan Layanan Tata Usaha Berbasis Teknologi Informasi dalam Memenuhi Kebutuahn Administrasi Siswa dan Guru di SMKS Addimyati Jenggawah. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI DILA watermak.pdf

Download (1MB)

Abstract

Anisa Fitri Nur Fadila,2023,Penerapan Layanan Tata Usaha Berbasis Teknologi Informasi dalam Memenuhi Kebutahan Administrasi Siswa dan Guru di Sekolah Menengah Kejuruan Swasta.

Kata Kunci: Layanan Tata Usaha, Teknologi Informasi, Administrasi
Teknologi informasi sangat dibutuhkan serta penting dilaksanakan guna membantu sekolah dan pelayanan tata usaha atau administrasi. SMKS Addimyati Jenggawah merupakan lembaga yang telah menggunakan teknologi informasi dalam penerapan layanan administrasi di sekolah.
Penelitian ini mempunyai dua9) fokus penelitian, yaitu: (1) Bagaimana penerapan layanan tata usaha dan teknologi informasi dalam memenuhi kebutuhan administrasi siswa dan guru di Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Addimyati Jenggawah? (2) Apa saja jenis sumbangan teknologi informasi bagi pengembangan tata usaha dalam memenuhi kebutuhan administrasi siswa dan guru di Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Addimyati Jemggawah?
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan layanan tata usaha dan teknologi informasi dalam memenuhi kebutuhan administrasi siswa dan guru di SMKS Addimyati Jenggawah. (2) Untuk mengetahui apa saja jenis sumbangan teknologi informasi bagi pengembangan tata usaha dalam memenuhi kebutuhan administrasi siswa dan guru di SMKS Addimyati Jenggawah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun metode penelitian yang di gunakan adalah: teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Penerapan layanan tata usaha di SMKS Addimyati Jenggawah cukup baik. dalam penyusunan program pembelajarannya, SMKS Addimyati Jenggawah berpedoman pada kalender pendidikan. Hal ini bertujuan supaya program pembelajaran yang diakukan dalam satu tahun dapat berjalan sesuai dengan timeline dan efisien. (2) SMKS Addimyati Jenggawah menerapkan teknologi informasi dalam administrasi layanan tata usaha. Teknologi informasi yang digunakan dalam bentuk aplikasi software Microsoft excel buku induk dan metode pembayaran siswa dengan menggunakan input system.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anisa Fitri Nur Fadila
Date Deposited: 30 Nov 2023 07:27
Last Modified: 30 Nov 2023 07:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29937

Actions (login required)

View Item View Item