Program Riset Bidang Keagamaan Dalam Menyusun Karya Ilmiah Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Sa'diyah, Halimatus (2023) Program Riset Bidang Keagamaan Dalam Menyusun Karya Ilmiah Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
HALIMATUS SA'DIYAH T20191183.pdf

Download (3MB)

Abstract

Halimatus Sadiyah, 2023: Program Riset Bidang Keagamaan Dalam Menyusun Karya Ilmiah Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci: program riset bidang keagamaan, karya ilmiah

Pada era global ini, kompetensi pada dunia pendidikan semakin kompetitif bahkan bermunculan berbagai problematika, salah satunya krisis literasi yang disebabkan oleh berbagai aspek pada anak-anak sebagai generasi muda. Untuk menghadapi hal tersebut dapat dilakukan melalui penenerapan inovasi dalam dunia pendidikan, yaitu mencanangkan madrasah untuk menerapkan program berupa program riset bidang keagamaan yang akan membantu peserta didik untuk mengembangkan keterampilan dan minat sekaligus mengkaji lebih mendalam terkait spiritual di dalam kehidupan sehari-hari.
Fokus penelitian yang dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan program riset bidang keagamaan dalam menyusun karya ilmiah peserta didik di MTsN 7 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023? 2) Bagaimana pelaksanaan program riset bidang keagamaan dalam menyusun karya ilmiah peserta didik di MTsN 7 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023? 3) Bagaimana evaluasi program riset bidang keagamaan dalam menyusun karya ilmiah peserta didik di MTsN 7 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023?.
Berdasarkan fokus penelitian tersebut bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan perencanaan program riset bidang keagamaan dalam menyusun karya ilmiah peserta didik di MTsN 7 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023, 2) Mendeskripsikan pelaksanaan program riset bidang keagamaan dalam menyusun karya ilmiah peserta didik di MTsN 7 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023, 3) Mendeskripsikan evaluasi program riset bidang keagamaan dalam menyusun karya ilmiah peserta didik di MTsN 7 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi, dan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Dan juga, teknik keabsahan data menggunakan dua jenis triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Perencanaan dilaksanakan setiap awal tahun pelajaran baru dengan melibatkan kepala madrasah, waka kurikulum, tim riset bidang keagamaan, serta para guru-guru guna menentukan tujuan yang akan dicapai setelah melaksanakan program riset, 2) Pelaksanaan pembelajaran program berlangsung selama enam jam dari senin hingga kamis yang dilakukan secara bertahap. Selain itu terdapat pengarahan, pelatihan, dan pembinaan bagi pendidik dan peserta didik oleh narasumber yang berkompeten dan profesional dalam bidang riset. 3) Evaluasi program dilaksanakan dengan setiap semester/enam bulan sekali. Sedangkan evaluasi dalam pembelajaran riset setiap semester yaitu setelah Penilaian Tengah Semester (PTS) dan akhir semester dengan cara lisan (presentasi) dan tulis (hasil presentasi).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Halimatus Sa'diyah
Date Deposited: 30 Nov 2023 07:36
Last Modified: 30 Nov 2023 07:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29939

Actions (login required)

View Item View Item