Manajemen Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri UmbulSari Jember

Nur Aini, Vivin (2023) Manajemen Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri UmbulSari Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
VIVIN NUR AINI_T20193002 (1).pdf

Download (6MB)

Abstract

Vivin Nur Aini: Manajemen Bimbingan dan Konseling Dalam Meningkatkan Kedisiplian Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri Umbulsari Jember.

Kata Kunci: Manajemen Bimbingan dan Konseling, Miningkatkan Kedisiplinan.

Tingkat kedisiplinan yang masih rendah dalam lingkungan sekolah mengharuskan guru bimbingan dan konseling memperhatikan penyusunan manajemen berjalan efektif dan efisien terutama dalam hal mendisiplikan siswa. Penerapan kedisiplinan yang baik dalam tatanan pendidikan maupun pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari harus berlangsung secara optimal sehingga peserta didik dapat menjadi anak yang bertanggung jawab. Dalam hal ini manajemen bimbingan dan konseling memberikan progres dalam kedisiplinan siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri Umbulsari.
Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana perencanaan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri Umbulsari Jember?, 2) Bagaimana pelaksanaan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di Sekolah Menengah Atas negeri Umbulsari Jember?, 3) Bagaimana evaluasi bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri Umbulsari?.
Tujuan dari penelitin ini yaitu: 1) Mendeskripsikan perencanaan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri Umbulsari Jember. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri Umbulsari Jember, 3) Mendeskripsikan evaluasi bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri Umbulsari Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara analisis data menggunakan kondensasi data (condensasation), penyajian data (display), dan penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri Umbulsari Jember dilakukan dengan menetapkan tujuan dan cara yang digunakan dalam melaksanakan kegiatan, dan mengcover seluruh kebijakan administrasi bimbingan dan konseling yang akan dijalankan. 2) Pelaksanaan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri Umbulsari Jember berhubungan langsung dengan melaksanakan pengembangan perilaku pada siswa, dan cara menerapkan program layanan bimbingan dan konseling dengan siswa. 3) Evaluasi bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri Umbulsari Jember terjadi melalui tindakan yang dilakukan dengan proses mengukur kemajuan dan menilai hasil tujuan yang dibuat telah tercapai atau yang masih belum tercapai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Vivin Nur Aini
Date Deposited: 30 Nov 2023 07:29
Last Modified: 30 Nov 2023 07:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29941

Actions (login required)

View Item View Item