IMPLEMENTASI POSITIVE SELF TALK UNTUK MENCAPAI PENERIMAAN DIRI PADA SANTRI BARU PONDOK PESANTREN DARUL MUKHLASHIN PROBOLINGGO

Idris, Moh. (2021) IMPLEMENTASI POSITIVE SELF TALK UNTUK MENCAPAI PENERIMAAN DIRI PADA SANTRI BARU PONDOK PESANTREN DARUL MUKHLASHIN PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MOH. IDRIS_D20173040.pdf

Download (10MB)

Abstract

Strategi untuk mengatur diri ialah sesuatu yang penting, terutama bagi anak-anak. Mereka mempunyai tugas mengembangkan diri terkait tingkah laku bertanggungjawab pada lingkungan sosialnya.2 Setiap anak mempunyai perbedaan karakter untuk mencapai kemandirian dalam proses perkembangannya. Untuk itu, perlu pengenalan terhadap diri sendiri setiap anak. Dalam pengenalan diri perlu dipastikan bahwa individu sadar akan dirinya terlebih dahulu. Pengaturan diri merupakan suatu cara memahami keadaan pikiran ketika sedang emosi yang ditimbulkan saat menghadapi berbagai permsalahan serta berupaya bisa menangani. Apabila seseorang mampu mengerti situasi diri, maka proses mengenali dirinya akan lebih efisien nantinya memunculkan suatu konsep diri yang baik serta positif dan memunculkan harga diri kuat dan percaya diri yang tinggi. Salah satu teknik yang bisa digunakan untuk menumbuhkan hal tersebut yakni teknik self-talk. Teknik self-talk ialah suatu bagian rational emotive behavior therapy (REBT) yang dikermbangkan Albert Ellis berupa teknik yang dilaksanakan dengan mengulang-ulang kata atau sebuah pernyataan positif yang disesuaikan dengan kondisi setiap individu selama waktu tertentu.3 Teknik self-talk ialah suatu teknik yang individu berinteraksi pada dirinya sendiri 2 Siti Mahmudah, “Academic self menegement ditinjau dari self-talk pada santri Pondok Pesantren Darussalam Pakal Surabaya”. (Skripsi Universitas Islam Negri Sunan Ampel Surabaya, 2019). hal. 1 3 Tiara Prastika, “Teknik self talk untuk meningkatkan kesadaran diri penghafal Al-Qur’an di asrama Pondok Pesantren putri Asy-Syarifah Bungah Gresik”. (Skripsi Universitas Sunan Ampel Surabaya, 2019). 2 untuk mengenali dirinya, melahirkan suatu solusi atas permasalahan yang terjadi sehingga mampu mengambil keputusan untuk bertindak dengan benar.4 Maka, teknik self-talk ini mampu membantu anak memposisikan dirinya atas situasi yang terjadi dan mampu membantu anak mengenali situasi dalam dirinya sendiri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080612 Interorganisational Information Systems and Web Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 30 Nov 2023 07:26
Last Modified: 30 Nov 2023 07:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29942

Actions (login required)

View Item View Item