IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI MELALUI MANFAAT PENGELOLAAN KOPERASI PESANTREN DI PONDOK PESANTREN ANNURIYYAH KALIWINING – RAMBIPUJI - JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016

nafisah, ifaful (2016) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI MELALUI MANFAAT PENGELOLAAN KOPERASI PESANTREN DI PONDOK PESANTREN ANNURIYYAH KALIWINING – RAMBIPUJI - JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
IFAFUL NAFISAH_084 121 294.pdf

Download (4MB)

Abstract

Salah satu praktik pendidikan karakter dikalangan santri adalah dengan adanya koperasi Pesantren, Karena koperasi Pesantren dikelola oleh pengurus koperasi Pesantren, maka harus dimanfaatkan semaksimal mugkin yaitu sebagai salah satu media pendidiakan karakter. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana implementasi pendidikan karakter santri melalui manfaat pengelolaan koperasi Pesantren di Pondok Pesantren Annuriyyah KaliwiningRambipuji-Jember tahun pelajaran 2015/2016?. Dengan sub fokus masalah: 1) Bagaimana implementasi pendidikan karakter santri dalam aspek pembentukan kepribadian melalui manfaat pengelolaan koperasi Pesantren di Pondok Pesantren Annuriyyah Kaliwining - Rambipuji - Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?. 2) Bagaimana implementasi pendidikan karakter santri dalam aspek moral melalui manfaat pengelolaan koperasi Pesantren di Pondok Pesantren Annuriyyah KaliwiningRambipuji - Jember Tahun Pelajaran 2015/2016? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter santri dalam aspek pembentukan kepribadian melalui manfaat pengelolaan koperasi Pesantren di Pondok Pesantren Annuriyyah Kaliwining -Rambipuji - Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. 2) Untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter santri dalam aspek moral melalui manfaat pengelolaan koperasi Pesantren di Pondok Pesantren Annuriyyah Kaliwining – Rambipuji - Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Untuk megidentifikasi permasalahan tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi pendidikan karakter santri melalui manfaat pengelolaan koperasi pesantren merupakan sebuah bentuk usaha positif yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan berkoperasi serta dengan adaya koperasi pesantren ini merupakan sebagai satu pendorong, penyemangat yang tumbuh dari dalam diri satri sendiri untuk dapat membina rasa tanggung jawab, disiplin dan membantu kebutuhan santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 30 Nov 2023 07:28
Last Modified: 30 Nov 2023 07:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29943

Actions (login required)

View Item View Item