Penegakan Hukum Dari Aspek Preventif Terhadap Pencemaran Lingkungan Oleh Pabrik Gula Wringin Anom Di Kabupaten Situbondo

Iswandi, Prastyo Andris (2023) Penegakan Hukum Dari Aspek Preventif Terhadap Pencemaran Lingkungan Oleh Pabrik Gula Wringin Anom Di Kabupaten Situbondo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi_Prastyo Andris Iswandi_S20193143.pdf

Download (18MB)

Abstract

ABSTRAK
Prastyo Andris Iswandi, 2023 : Penegakan Hukum Dari Aspek Preventif Terhadap Pencemaran Lingkungan Oleh Pabrik Gula Wringin Anom di Kabupaten Situbondo.
Kata Kunci :Penegakan Hukum, Preventif, Pencemaran
Pencemaran akibat dari aktivitas PG Wringin Anom berupa abu tolato yang keluar dari cerobong asap pabrik. Dampak percemaran terhadap kesehatan masyarakat yaitu sesak nafas, mata menjadi perih, dan gatal-gatal. Dari adanya pencemaran menuai pro dan kontra terkait keberadaan PG Wringin Anom sebagian menginginkan ditutup, sebagian tetap ingin pabrik beroperasi. Fakta yang ada dilapangan sebagian besar warga mengeluhkan dengan adanya dampak abu tolato. Terkait dampak abu tolato sebenarnya warga telah melakukan demo untuk memperoleh haknya yaitu memperoleh lingkungan hidup yang baik serta sehat dan ganti rugi atas dampak pencemaran. Akan tetapi sikap pihak PG Wringin Anom seakan-akan tidak memperdulikan atas keluhan masyarakat Desa Wringin Anom. Untuk itu perlunya penegakan hukum melalui istrumen hukum yaitu Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Dengan cara yang harus ditempuh pengawasan terhadap prosedur perizinan dan penjatuhan sanksi administratif.
Fokus Penelitian: 1) Bagaimana Implementasi Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2014 dalam Pencegahan Pencemaran Lingkungan? 2) Bagaimana Penegakan Hukum Lingkungan Preventif dalam Pencemaran Lingkungan yang dilakukan PG Wringin Anom di Kabupaten Situbondo? Tujuan penelitian: 1) Untuk mengetahui Implementasi Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2014 dalam Pencegahan Pencemaran Lingkungan. 2) Untuk mengetahui Penegakan Hukum Lingkungan Preventif dalam Pencemaran Lingkungan yang dilakukan PG Wringin Anom di Kabupaten Situbondo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian normatif-empiris serta menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan sosiologi hukum. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka, studi dokumen, dan wawancara.
Kesimpulan pada penelitian adalah sebagai berikut: 1) Implementasi Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2014 dalam pencegahan pencemaran lingkungan telah dilakukan akan tetapi masih setengah-setengah, karena pemenuhan hak masyarakat untuk memperoleh kehidupan yang layak tidak terpenuhi. 2) Dinas Lingkungan Hidup telah melakukan penegakan hukum terhadap PG Wringin Anom, dengan cara melakukan pengawasan dan sanksi administratif. Pengawasan telah dilakukan terkait izin yang telah dipatuhi oleh PG Wringin Anom akan tetapi pengawasan masih tergolong lemah karena belum pernah memberikan sanksi administratif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180103 Administrative Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180114 Human Rights Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Mr Prastyo Andris Iswandi
Date Deposited: 01 Dec 2023 02:32
Last Modified: 01 Dec 2023 02:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29946

Actions (login required)

View Item View Item